Search :

Advance


PENGARUH PUPUK PHONSKA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitria Ulfah - Personal Name
Subyek TOMATOES
FERTILIZERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Pupuk Phonska, Pertumbuhan, Tanaman tomat Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Pupuk Phonska Terhadap Pertumbuhan Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.)” pada tanggal 20 Juli sampai dengan 12 Oktober 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk Phonska dengan berbagai dosis terhadap pertumbuhan tanaman tomat, mengetahui pertumbuhan tanaman tomat dengan pemberian berbagai dosis pupuk Phonska, serta untuk mengetahui dosis pupuk Phonska yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Benih tanaman tomat yang digunakan adalah benih tomat varietas F1 Hybrid Epoch tipe Roma. Parameter yang diamati dalam penelitian ini yaitu pertumbuhan vegetatif (tingggi batang, jumlah cabang, jumlah daun) dan pertumbuhan generatif tanaman (jumlah bunga, jumlah buah, bobot buah). Dosis pupuk Phonska yang digunakan adalah P0 (0 gram/tanaman sebagai kontrol), P1 (10 gram/tanaman), P2 (20 gram/tanaman), P3 (30 gram/tanaman), dan P4 (40 gram/tanaman). Pemberian pupuk Phonska dilakukan dengan cara tugal dan diberikan sebanyak dua kali, yaitu ½ dosis (50%) pada awal penanaman dan ½ dosis (50%) saat tanaman mulai berbunga (memasuki fase generatif). Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk Phonska dengan berbagai dosis memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan tanaman tomat dibandingkan dengan perlakuan kontrol, baik dari segi vegetatif maupun dari segi pertumbuhan generatif tanaman. Dosis pupuk Phonska yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat adalah 30 gram/tanaman (P3). Pemberian pupuk Phonska dengan dosis 30 gram/tanaman (P3) dapat meningkatkan bobot buah tanaman sebesar 112,7% dibandingkan dengan perlakuan tanpa pemberian pupuk Phonska (kontrol).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PUPUK PHONSKA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Fitria Ulfah, 2014)

: EFEKTIVITAS RIZOBAKTERI KANDIDAT AGENS BIOKONTROL TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN KOLONI PHYTHIUM SP SERTA PENGARUHNYA TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR DUA VARIETAS BENIH TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Annisa Humaira, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC)CANGKANG KERANGTIRAM (CRASOSSTREAGIGASBORN.) DAN JARAK TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN TOMAT CHERRY (LYCOPERSICUMCERASIFORMEMILL.) (INDRA MAWAR, 2015)

APLIKASI MIKORIZA DAN PUPUK FOSFAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) PADA ULTISOL (ibnu yasier , 2015)

PENGARUH KOMBINASI MEDIA TANAM DAN VARIETAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL) SECARA HIDROPONIK SUBSTRAT (Mega Marzarina , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.