//

HUBUNGAN PENGETAHUAN REPRODUKSI REMAJA PUTRI DENGAN UPAYA MENJAGA KEBERSIHAN SAAT MENSTRUASI DI PESANTREN DARUL IMARAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RISKA PHONNA - Personal Name
SubjectFREE SEX
REPRODUCTIVE - HEALTH
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Salah satu hal yang sangat awal diketahui remaja putri telah menginjak masa pubertas adalah pada saat datangnya menstruasi. Menstruasi pertama dapat membuat remaja tersebut panik dikarenakan kurangnya informasi yang didapat saat menstruasi. Masalah yang sering timbul pada remaja putri pada saat menstruasi yaitu tidak dapat menjaga kebersihan vulva hygiene pada saat menstruasi. Sehingga dapat menimbulkan dampak yang berbahaya pada alat genitalia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifkasi hubungan antara pengetahuan reproduksi remaja putri dengan upaya menjaga kebersihan saat menstruasi di Pesantren Ruhul Islam Anak Bangsa. Jumlah populasi pada remaja putri kelas X di Pesantren Ruhul Islam Anak Bangsa ialah 94 remaja putri dan jumlah sampel 55 remaja putri. Teknik pengambilan sampel secara Simpel Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner berjumlah 30 pernyataan. Metode analisis data menggunakan uji statistik Chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan reproduksi remaja putri dengan upaya menjaga kebersihan saat menstruasi di Pesantren Ruhul Islam Anak Bangsa pada ɑ = 0,05 (p-value 1,000 > 0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan pesantren agar dapat menjadi tempat untuk meningkatkan pengetahuan dan kemauan para remaja putri dalam menjaga kesehatan resproduksi terutama saat menstruasi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI DENGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE REMAJA PUTRI PADA SAAT MENSTRUASI DI MAN RUKOH BANDA ACEH TAHUN 2014 (Mazra Ulfa Ardiani, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUAL HYGIENE DENGAN PERILAKU REMAJA PUTRI SAAT MENTRUASI DI MTSN 1 INDRAPURI (Nia Fitria, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE DI MIN RUKOH BANDA ACEH RNTAHUN 2014 (MUTIA, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TERHADAP PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSIHUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TERHADAP PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSI (Muhammad Hendra Rizki, 2015)

EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DARUSSA’ADAH DAN PANTI SOS DESA TARUNA KABUPATEN ACEH BESAR (Rita Melisa, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy