//

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL LAPS (LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING)-HEURISTIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang USWATUL HUSNA - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
MOTIVATION
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Uswatul Husna (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika melalui model Logan Avenu Problem Solving (LAPS)-Heuristik. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih rendah padahal kemampuan termasuk salah satu kemampuan matematika yang perlu ditumbuhkan dalam diri siswa. Hal ini memerlukan upaya untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran dengan melibatkan siswa aktif dan mandiri dalam pembelajaran matematika. Salah satu caranya dengan menerapkan model LAPS-Heuristik dengan tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perkembangan kemampuan berpikir kreatif siswa selama pembelajaran melalui model LAPS-Heuristik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sampel dipilih secara acak yaitu 30 siswa kelas VIII SMP Negeri Percontohan Banda Aceh. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data perkembangan kemampuan berpikir kreatif siswa selama proses pembelajaran melalui tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kemampuan berpikir kreatif siswa selama pembelajaran melalui model LAPS-Heuristik adalah Pertemuan pertama, ketiga dan kelima jumlah siswa yang berada pada level 4 lebih banyak dari pertemuan kedua dan keempat. Penurunan jumlah siswa yang berada pada level empat dikarenakan siswa keliru dalam proses penyelesaian dan hanya memberikan satu penyelesaiannya sajaSecara keseluruhan, perkembangan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat berkembang dengan baik melalui upaya guru memaksimalkan pertanyaan heuristik yang diajukan. Kata kunci: Model logan avenu problem solving (LAPS)-Heuristik, Kemampuan berpikir kreatif

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Zulfiati, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (Desi Maya Sari, 2019)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017)

LEVEL BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (RM Teguh Prawira Atmaja, 2016)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL MELALUI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DI KELAS VII (RIZQA PUTRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy