//

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DIPADU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA DI MAN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JAUHARAH - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
BIOLOGY
AUDIOVISUAL MATERIALS - INSTRUCTIONAL USE
GUIDANCE - EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Jauharah. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dipadu Media Animasi Interaktif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Sistem Indra di MAN Banda Aceh Pembimbing I Dr. Muhibbuddin, M.S., Pembimbing II Dr. Khairil, M.Si. ABSTRAK Telah dilakukan penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu media animasi interaktif terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem indra di MAN Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu media animasi interaktif terhadap peningkatan hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi sistem indra. Pengambilan data dilakukan pada bulan November 2016 sampai Mei 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest – posttest design dengan sampel 188 siswa pada MAN 1, MAN 2 dan MAN 3 Banda Aceh. Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik yang berbentuk soal pilihan ganda dalam bentuk pretest-postest untuk menilai hasil belajar siswa dan angket keterampilan proses sains untuk melihat tingkat keterampilan proses sains siswa. Analisis data menggunakan rumus persentase dan dilanjutkan dengan uji t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil uji t menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu media animasi interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan proses sains siswa pada MAN Banda Aceh. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, Animasi Interaktif, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 INDRAPURI ACEH BESAR (Nafisah Hanim, 2015)

AKTIVITAS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DI KELAS X IPA 1 MAN DARUSSALAM (Nuriyanti, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (RAHMANI, 2015)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN (ERLITA, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Nela Yuliana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy