//

EVALUASI EFEKTIVITAS PROSEDUR TETAP TANGGAP DARURAT BENCANA DALAM PROGRAM COMMUNITY BASED DISASTER RISK MANAGEMENT (CBDRM) DI PKPU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rohandi - Personal Name
SubjectEARTHQUAKES - DISASTER SERVICES
EMERGENCY PLANNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Prosedur tetap tanggap darurat bencana merupakan elemen penting dalam manajemen kebencanaan. Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU) merupakan Lembaga Kemanusiaan Nasional (LKN) yang bergerak dalam mengevakuasi dan membantu korban bencana pada saat masa tanggap darurat. Penanggulangan bencana di PKPU berdasarkan program Community Based Disaster Risk Management (CBDRM) masih terdapat kendala di aspek waktu pelaksanaan lapangan tim khusus PKPU belum sesuai dengan prosedur tetap tanggap darurat bencana pada 3 jam pasca bencana dan jumlah tim khusus hanya 1 orang yang mengakibatkan pelaksanaan program tidak dijalankan secara keseluruhan dan efektif, sehingga aspek-aspek yang penting seperti assessment tidak dijalankan dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi efektivitas prosedur tetap tanggap darurat bencana berdasarkan program CBDRM. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development dengan tahapan pelaksanaannya yaitu: mengkaji analisa potensi dan masalah, pengumpulan data, rancangan instrumen evaluasi, validasi instrumen evaluasi, revisi instrumen evaluasi dan instrumen evaluasi final. Identifikasi masalah dilakukan melalui wawancara dan pembagian angket langsung ke PKPU, sehingga terkumpulnya data primer dan sekunder untuk melihat efektivitas prosedur tetap tanggap darurat bencana di PKPU. Validasi desain dilakukan dengan Focus Group Discuccion yang menghadirkan pakar pengambil kebijakan dan beberapa pakar kebencanaan. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) program CBDRM sudah sesuai dengan standar Nasional dan sudah efektif sehingga dapat dijadikan sebagai SOP tetap dalam penanggulanagan tanggap darurat di Lembaga PKPU. 2) Tim rescue PKPU dalam penanggulangan tanggap darurat melakukan pendekatan berbasis komunitas/masyarakat (PRBBK) sudah menerapkan secara prosedural program CBDRM berdasarkan SOP yang sudah dibakukan di Lembaga PKPU. Tim rescue PKPU belum memiliki tim inti yang tetap dan tim relawan yang terdaftar secara valid, termasuk fasilitas yang mendukung dalam penanggulangan tanggap darurat sehingga sulit untuk memprediksi kekuatan dari tim rescue PKPU dan relawan. Kata kunci: Evaluasi, Efektivitas, Prosedur Tetap, Tanggap Darurat

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DISASTER RISK MITIGATION DESIGN FOR SUPPLY CHAIN ACTIVITIES IN ACEH : GOVERNMENT DEPARTMENTS (ZAUDHATUL ULYA, 2019)

EVALUASI PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI PENDIDIKAN KEBENCANAAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA YANG TELAH MENGIKUTI BLOK DISASTER MANAGEMENT (Muhammad Ilham, 2017)

PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN MEDIA MONOPOLY BERVISI SETS PADA BIDANG STUDI GEOGRAFI MATERI MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA SEBAGAI INOVASI DALAM PENDIDIKAN KEBENCANAAN (Andika Triwidada, 2018)

MITIGASI BENCANA TSUNAMI MELALUI PARIWISATA (STUDI KASUS DI SITUS TSUNAMI KAPAL PLTD APUNG BANDA ACEH) (Muhammad Bilal Habibie, 2018)

JEJAK ARKEOLOGIS-KEBENCANAAN SITUS COT SIDI ABDULLAH SEBAGAI LESSON LEARNED DALAM UPAYA PENGURANGAN RISIKO BENCANA (Andi Irfan Syam, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy