Search :

Advance


PEMBUATAN WAJAN PENGGORENG MELALUI TEKNOLOGI PENGECORAN LOGAM DARI PEMANFAATAN ALUMINIUM BEKAS

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khaidir - Personal Name
Subyek CASTING TECHNOLOGY-ENGINEERING
FRYING PAN
METAL
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Telah dilakukan pembuatan wajan penggoreng melalui teknologi pengecoran logam dari pemanfaatan aluminium bekas. Material yang digunakan dalam penelitian ini adalah material logam aluminium dan logam aluminium tersebut dari pemanfaatan kembali aluminium bekas, profil dari aluminium batangan yang diperoleh dari industri pembuatan lemari/rak. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat produk wajan penggoreng melalui teknologi pengecoran logam dari pemanfaatan aluminium bekas. Penelitian dilakukan dilaboratorium pengecoran logam Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Komposisi pembuatan cetakan pasir ,Pengadukan CaCo3 dan pasir ditambahkan air untuk pembentukan cetakan wajan. Dapur Crucible dirancang untuk melebur logam menggunakan bahan bakar arang. untuk melebur material aluminium bekas, dalam proses peleburan aluminium panas berasal dari bahan bakar arang dibantu oleh udara yang dihembuskan kedalam ruang bakar dengan menggunakan blower dan Nilai kalor arang yaitu bekisar 6.750-7.860 kal/gr. Aluminium memiliki volume besar dengan massa jenis 2,71 dan titik lebur 660 0C untuk meningkatkan kekuatan mekaniknya maka ditambahkan Cu, Mg, Si, Mn, Zn, dan Ni. Aluminium bekas yang berhasil dileburkan didalam dapur dengan bahan bakar arang. kemudian di tuangkan kecetakan wajan penuangan logam cair melalui lubang saluran masuk dengan menggunakan ladel. Setelah produk hasil coran diambil dari cetakan langkah selanjutnya adalah melakukan finishing yaitu penyelasian akhir yang bertujuan guna menyempurnakan hasil coran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SIFAT MEKANIS DAN SIFAT FISIS ALUMINIUM BEKAS HASIL CORAN (Tio Muger Stiawan, 2015)

ANALISA CACAT HASIL CORAN DARI BAHAN KUNINGAN BEKAS UNTUK PEMBUATAN SOUVENIR RENCONG ACEH (Zharif Milzam, 2016)

RANCANG BANGUN CETAKANRNPASIR MENGGUNAKAN PEREKAT SEMEN DENGAN CORAN KUNINGAN BEKASRNPADA INDUSTRI SOEVENIR RENCONG (Dani Dwi angga, 2014)

PROSES PEMBUATAN CETAKAN PASIR UNTUK PENGECORAN KUALI (riski ananda, 2014)

PERENCANAAN DAN PEMBUATAN DAPUR PELEBUR LOGAM DENGAN BAHAN BAKAR OLI BEKAS (fuadiniur, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.