//

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA OMBUDSMAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Khulis - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Muhammad Khulis. 2018. Persepsi Masyarakat Terhadap Lembaga Ombudsman Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Amirullah, M.Si., (2) Dr. Sanusi, S.Pd, M.Si Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Lembaga Ombudsman, Kualitas Pelayanan Publik Ombudsman Republik Indonesia adalah sebuah lembaga kemandirian, yang tidak memiliki hubungan dengan lembaga-lembaga pemerintahan lain dan juga pada saat menjalankan tugas bebas dari keterlibatan lembaga lainnya. Tujuan penelitian (1) Untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap fungsi lembaga Ombusdman dalam peningkatan kualitas pelayanaan publik di Kota Banda Aceh, (2) Untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan tugas lembaga Ombusdman dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini 15 orang masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa persepsi masyarakat terhadap fungsi lembaga Ombudsman dalam hal pelayanan publik telah berjalan dengan baik dikarenakan sudah menjalakan fungsi dan tugasnya dengan benar dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik di Kota Banda Aceh. Lembaga Ombudsman bersifat mandiri dan tidak memiliki hubungan organik dengan lembaga negara dan instansi pemerintahan lainnya. Dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat lembaga Ombudsman berupaya semaksimal mungkin seperti menerima berbagai laporan dan keluhan masyarakat serta menindaklanjuti laporan tersebut. Hal ini telah membuat masyarakat berpandangan baik terhadap lembaga ini, dengan pembutian hampir semua responden menyatakan jawaban positif terhadap variabel pertanyaan wawancara yang penulis ajukan. Kepuasan masyarakat ini tidak bisa dilepaskan dari profesionalisme yang dilakukan oleh Lembaga Ombudsman dengan melaksanakan tugas dari pelayanan itu sendiri dengan baik. Kesimpulannya ialah masyarakat Kota Banda Aceh berpandangan baik terhadap kinerja Lembaga Ombudsman dalam peningkatan kulaitas pelayanan publik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH TERHADAP PERAN PENGAWASAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN ACEH (KAJIAN TERHADAP DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAN DINAS KESEHATAN KOTA BANDA ACEH) (Vina Andia Ratna, 2017)

KINERJA OMBUDSMAN RI PERWAKILAN ACEH DALAM MENJAGA MUTU PELAYANAN PUBLIK (Nurjannah, 2019)

EKSISTENSI OMBUDSMAN PERWAKILAN ACEH TERHADAP PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BANDA ACEH (afwani, 2014)

PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH OMBUDSMAN TERHADAP PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN DI KOTA BANDA ACEH (SRI WAHYUNI, 2016)

PERAN OMBUDSMAN RI PERWAKILAN ACEH DALAM MENGAWASI KINERJA PEMERINTAH DI KOTA BANDA ACEH (T. Fitra Yusriwan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy