//

PENGARUH PEMBERIAN KONSELING TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DEFISIENSI ZAT BESI DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NUR AFIFAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Konseling merupakan pemberian informasi serta mencari solusi dalam penyelesaian masalah. Pemberian konseling yang baik dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang anemia defisiensi zat besi selama kehamilan, termasuk dalam proses pengobatan, jumlah dosis yang sesuai dan efek samping pengobatan. Sehingga konseling dianggap salah satu langkah yang tepat dalam meningkatkan pengetahuan ibu tentang anemia defisiensi zat besi selama kehamilan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian konseling terhadap pengetahuan ibu hamil terkait anemia defisiensi zat besi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental design dengan 2 kelompok yaitu kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah 2.098 ibu hamil di Puskesmas Kopelma Darussalam, Puskesmas Jeulingke, Puskesmas Kuta Alam dan Puskesmas Lampulo di Kota Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel adalah non probability sampling menggunakan metode sampling insidential jumlah sampel sebanyak 40 responden, 20 kelompok intervensi dan 20 kelompok kontrol dengan melakukan Uji T statistik Paired t Test dan Independent t Test. Hasil penelitian didapatkan kelompok intervensi sebanyak 16 orang (40%) pengetahuan tinggi dan 4 orang (10%) pengetahuan rendah. Sedangkan kelompok kontrol pengetahuan tinggi sebanyak 5 orang (12,5%) dan pengetahuan rendah 15 orang (37,5%) dan nilai p-value dari kedua kelompok tersebut (p-value

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANEMIA DEFISIENSI BESI PADA KEHAMILAN DENGAN ATONIA UTERI DAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI RSUDZA OKTOBER 2016 – SEPTEMBER 2017 (ZHAFIRA SALSABILA Z, 2018)

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREVALENSI ANEMIA DEFISIENSI ZAT BESI PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (DESY RAHMIYANTI, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA DEFISIENSI ZAT BESI PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (ayu akmila, 2013)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI TABLET BESI PADA IBU HAMIL RNDI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH (Chairunnisa, 2014)

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCEGAHAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DENGAN PENDEKATAN TEORI LEININGER DI PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR (Sri Hariyani, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy