//

KOORDINASI PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PADA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ADAM MALIK - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dalam pelaksanaan supervisi akademik di sekolah, koordinasi pengawas dan kepala sekolah sangat penting dilakukan untuk memberikan bantuan kepada guru dalam meningkatkan kualitas dan kompetensinya dalam mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis program koordinasi pengawas dan kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik, pelaksanaan koordinasi supervisi akademik, dan hambatan berkoordinasi dalam pelaksanaan supervisi akademik pada SMA Negeri 1 Darussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah: pengawas, kepala sekolah, wakil dan guru SMA Negeri 1 Darussalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program koordinasi pengawas dan kepala sekolah adalah program kerja tahunan, waktu dan tempat layanan, instrumen observasi kelas, instrumen rencana pelaksanaan pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), kemampuan guru menggunakan media, penilaian kemampuan guru mengajar, evaluasi, tindak lanjut dan intensitas layanan supervisi akademik; (2) pelaksanaan koordinasi supervisi akademik dilakukan secara individu, kolaboratif, direktif, observasi kelas, silabus, RPP dan prakteknya; dan (3) hambatan pelaksanaan koordinasi adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu guru yang sudah mendekati masa pensiun, tidak menggunakan alat peraga, kurangnya pengetahuan dan sosialisasi pengawas dan kepala sekolah, kurangnya sarana dan prasarana. Sedangkan faktor eksternal yaitu jadwal supervisi yang sudah ditetapkan bagi guru tidak terlaksana sesuai dengan perencanaan. Kata Kunci: Koordinasi, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru, dan Supervisi Akademik

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU IPS PADA SMP NEGERI KABUPATEN GAYO LUES (Masitah Br S., 2016)

PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 3RN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (AINON MARDHIAH, 2014)

KOORDINASI PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN PADA SD NEGERI LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR (MUNAWARAH, 2016)

KOMPETENSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PADA SMA NEGERI I KUALA BATEE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (AFRIADI, 2016)

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR PADA GUGUS I UPTD DEWANTARA ACEH UTARA (Syukri, M. Pd, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy