//


Notice: Undefined variable: authorss in /var/www/html/lib/detail.inc.php on line 470

Notice: Undefined variable: authorss in /var/www/html/lib/detail.inc.php on line 495

ANALISIS KESTABILAN LERENG MENGGUNAKAN METODE ROCK MASS RATING (RMR) DAN FAKTOR KEAMANAN PADA AREA SILTSTONE QUARRY PT LAFARGE CEMENT INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang

Abstrak/Catatan

Penelitian kestabilan lereng batuan menggunakan metode Rock Mass Rating (RMR), analisis kinematik dan menghitung faktor keamanan di Siltstone Quarry PT Lafarge Cement Indonesia, Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi longsoran yang akan terjadi berdasarkan analisis kinematik, mengetahui nilai bobot dari klasifikasi massa batuan Rock Mass Rating (RMR) dan mengetahui berapa nilai faktor keamanan yang ada pada lokasi penelitian. Penelitian ini dilakukan di 3 titik berbeda dengan tipe batuan yang sama yaitu siltstone. Akuisisi data struktur massa batuan dilakukan denga metode scanline dengan panjang scanline sepanjang 20 meter di setiap titik lokasi penelitian. Pengumpulan data berupa data geometri lereng dan data struktur kekar pada lereng di lokasi penelitian. Hasil analisis kinematik pada lokasi penelitian menunjukkan bahwa hanya pada titik1 saja yang berpotensi terjadi longsoran sedangkan titik 2 dan 3 aman dari longsoran. Hasil RMR yang diperoleh pada titik 1 sebesar 72,21 kategori batuan baik, pada titik 2 sebesar 62,17 kategori batuan baik dan pada titik 3 sebesar 79,06 kategori batuan baik. Hasil perhitungan faktor keamanan pada titik 1 sebesar 1,017 (kondisi labil), pada titik 2 sebesar 1,148 (kritis) dan pada titik 3 sebesar 1,121 (kritis). Karena nilai faktor keamanan yang belum bagus maka dilakukan reprofiling lereng dengan menggunakan software slide agar nilai faktor keamanan menjadi stabil. Dari hasil reprofiling didapatkan nilai faktor keamanan yang bagus dan stabil dimana hasilnya sebesar 1,988 untuk ketiga titik lokasi penelitian.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH GETARAN TANAH (GROUND VIBRATION) DARI OPERASI PELEDAKAN TERHADAP KESTABILAN LERENG QUARRY 1 PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA (Siti Fadhillah, 2016)

ANALISIS PENGARUH GETARAN TANAH (GROUND VIBRATION) DARI OPERASI PELEDAKAN TERHADAP KESTABILAN LERENG QUARRY 1 PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA (Ulfa Riani, 2016)

ANALISIS KESTABILAN LERENG DENGAN MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI MASSA BATUAN DI LERENG BEKAS PENAMBANGAN PT LHOONG SETIA MINING, LHOONG, ACEH BESAR (Rijal Askari, 2017)

ANALISIS KESTABILAN LERENG BERDASARKAN KLASIFIKASI MASSA BATUAN RMR DAN SMR DI JALAN RAYA BANDA ACEH-LHOKSEUDU, KM 30 DAN KM 31, KECAMATAN LEUPUNG, ACEH BESAR (M. Fahmi, 2019)

ANALISIS KESTABILAN LERENG MENGGUNAKAN KLASIFIKASI MASSA BATUAN DENGAN METODE ROCK MASS RATING (RMR) DAN SLOPE MASS RATING (SMR) DI JALAN RAYA BANDA ACEH-MEULABOH KM 20 DAN KM 27 KEC.LEUPUNG, ACEH BESAR (NAUFAL EFFENDI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy