//

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENCEGAHAN FOOD-BORNE DISEASE (PENYAKIT YANG DITULARKAN OLEH MAKANAN) YANG DILAKUKAN PEDAGANG MAKANAN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dea Fitria - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tingginya angka food-borne disease (penyakit yang diakibatkan oleh makanan) masih menjadi masalah di dunia maupun Indonesia, sehingga membutuhkan perhatian khusus oleh pedagang makanan dalam upaya pencegahannya dengan melakukan praktik pengolahan makanan yang aman. Berdasarkan teori Health Belief Model (HBM) pengetahuan dan persepsi yang baik dalam melakukan praktik food hygiene dapat berkontribusi pada perilaku yang diharapkan untuk mencegah food-borne disease. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pencegahan food-borne disease pada pedagang makanan di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh dengan menggunakan metode deskriptif korelatif dan pendekatan cross sectional serta melibatkan 87 pedagang makanan yang dipilih dengan metode probability sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner self-report untuk mengukur pengetahuan food hygiene, pengetahuan food-borne disease, persepsi food hygiene dan praktik food hygine. Hasil pengolahan data menunjukkan pengetahuan food hygiene dalam kategori kurang (59,8%), pengetahuan food-borne disease dalam kategori kurang (51,7%), persepsi food hygiene dalam kategori baik (55,2%), praktik food-hygiene dalam kategori kurang (52.9%), ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara faktor pengetahuan food hygiene, pengetahuan food-borne disease dan persepsi food hygiene dengan praktik pencegahan penyakit yang ditularkan oleh makanan. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan monitoring praktik pengolahan yang dilakukan pedagang makanan sebagai upaya preventif pencegahan food-borne disease.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP MAKANAN ORGANIK DI KOTA BANDA ACEH (RAUZATUL JANNAH, 2015)

TINGKAT PENGETAHUAN PEDAGANG TENTANG KEAMANAN PANGAN MAKANAN SEPINGGAN DI KANTIN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Emi Vovo Sembiring, 2016)

PENERAPAN SANKSI ADMINISTRATIF TERHADAP PEDAGANG MAKANAN KADALUWARSA (Mohammad Bondan A, 2017)

KONSUMSI MASYARAKAT URBAN DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Aulia Rezky, 2017)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEUNTUNGAN USAHA INDUSTRI MAKANAN LOKAL LHOK NIBONGRN ACEH TIMUR (Aidil Mustafa Ulim, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy