//

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN JEMBATAN LAMNYONG, DARUSSALAM MENGGUNAKAN METODE INDUCED POLARIZATION (IP)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ZAHDATUL AINUN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian pada kawasan jembatan Lamnyong Darussalam yang terletak di Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh yang bertujuan untuk mengidentifikasi struktur lapisan bawah permukaan penyusun bangunan jembatan Lamnyong berdasarkan nilai chargeabilitas. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Induced Polarization (IP) konfigurasi wenner-schlumberger. Proses akuisi data dilakukan menggunakan resistivitimeter Super Sting R8 pada dua lintasan sejajar yang memotong badan jembatan. Panjang setiap lintasan pengukuran adalah 220 m dengan jumlah elektroda yang digunakan 56 elektroda dan spasi antar elektroda 4 m. pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software Res2Dinv dengan hasil yang diperoleh berupa penampang 2D model batuan bawah permukaan berdasarkan nilai chargeabilitas. Hasil pengolahan data yang diperoleh dari kedua lintasan adalah kawasan jembatan Lamnyong memiliki dua lapisan batuan dengan nilai chargeabilitas berkisar 1.5-32 msec. Lapisan pertama terdiri dari lanau pasiran dengan nilai chargeabilitas 12-20.5 msec dan lapisan kedua yang terdiri dari lempung pasiran dengan nilai 1.5-12 msec. Dari penampang chargeabilitas yang di peroleh pada lintasan 2 menunjukkan adanya lapisan pasir yang terintrusi air pada kedalaman 15-45 m di bawah permukaan pada jarak pengukuran 128-164 m. Kata Kunci : Jembatan Lamnyong, Metode Induced Polarization (IP), wenner-schlumberger, Res2Dinv, chargeabilitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN KAWASAN PANAS BUMI JABOI, SABANG BERDASARKAN DATA INDUCED POLARIZATION (IP) (Wardani, 2018)

IDENTIFIKASI KEDALAMAN DAN STRUKTUR LAPISAN BAWAH PERMUKAAN JEMBATAN LAMNYONG BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS 2D (Cut Putri Handayani, 2015)

IDENTIFIKASI STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS DAN INDUCED POLARIZATION (IP) PADA AREA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG KALENG, SABET, ACEH JAYA (Redhani Gemasih, 2016)

PENERAPAN VALUE ENGINEERINGRNRNPADA PEKERJAAN BANGU NAN BAWAHRNRNPENGGANDAAN JEMBATAN LAMNYONG BANDA ACEH (JOHNNERI FERDIAN, 2015)

ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) PRA DAN PASCA PELEBARAN JEMBATAN LAMNYONG (GHAZZI OUVA SASNI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy