//

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATERI MATEMATIKA DI KELAS IISD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Andaiyani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Andaiyani, Putri. 2018.kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tematik pada materi matematika di kelas II SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Fauzi M.Pd., (2)Dra. Hasmiana Hasan, M.Si. Kata Kunci:Kemampuan Guru, Mengelola Pembelajaran Tematik, Matematika Dalam konteks belajar mengajar kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tematik pada materi matematika harus memiliki kemampuan dalam mengelola kegiatan pendahuluan, kegiatan inti pembelajaran dan kegiatan penutup pembelajaran. Penelitian ini berupaya mengungkapkan kemampuan guru dalam mengelola pemebelajaran tematik pada materi matematika di kelas II SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajarantematik pada materi matematika di kelas II SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru kelas II SD Negeri Unggul Lampeunerut Aceh Besar yang berjumlah 4 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Selanjutnya, seluruh data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru telah mampu menggunakan pengelolaaan pembelajaran tematik pada materi matematika dengan kategori baik. 2 orang guru pada kategori baik dan 2 orang guru pada kategori sangat baik. Hal ini terlihat dari hasil observasi. Sedangkan hasil wawancara terungkap bahwa dalam mengelola pembelajaran tematik pada materi matematika guru kurang mampu berkreatifitas dalam pembuatan bermacam media yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah guru kelas II yang ada di SD Negeri Unggul Lampeunerut Aceh Besar telah mampu menggunakan penggelolaan pembelajaran tematik pada materi matematika dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator menggunakan pengelolaan pembelajaran dalam proses belajar mengajar yang secara umum dilaksanakan dengan baik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI LAMPEUNERUT ACEH BESAR (Cut Ati Rahmah, 2015)

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV-A SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR. (Inaya, 2018)

HAMBATAN GURU DALAM MERUMUSKAN INSTRUMEN EVALUASI RANAH PSIKOMOTOR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (WAHYUNI, 2015)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018 DI KELAS IV SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (Juni Amal Isa Berutu, 2018)

PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK PADA PELAKSANAAN MEMBACA SISWA KELAS II DI SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (RAHMAWATI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy