//

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN UNIVERSAL PRECAUTIONS PADA PROSEDUR BEDAH OLEH DOKTER GIGI MUDA DI RSGM UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AHMAD ZAKI - Personal Name
SubjectTOOTH DISEASES - DENTISTRY
DENTAL SURGERY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Pelayanan kedokteran gigi merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang rawan terjadinya infeksi silang. Universal precautions adalah prosedur pencegahan infeksi yang dilakukan untuk melindungi pemberi layanan kesehatan dan pasien dari kemungkinan infeksi silang. Mahasiswa kedokteran gigi telah mendapatkan pengetahuan mengenai penerapan universal precaution semasa pendidikan pra-klinik. Penelitian sebelumnya menyebutkan tidak semua dokter gigi muda patuh terhadap penerapan universal precautions. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepatuhan dokter gigi muda menerapkan universal precautions. Jenis penelitian ini adalah analitik cross sectional dengan jumlah subjek sebanyak 96 orang. Cara pengumpulan data melalui penyebaran self administered questionnaires. Hasil penelitian menunjukkan subjek yang patuh sebanyak 52 (52,1%) dan tidak patuh sebanyak 46 (47,9%). Hasil uji chi square menunjukkan faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penerapan universal precautions adalah faktor organisasi/institusi dengan variable yang berhubungan adalah iklim keselamatan kerja dengan p = 0,045 dan umpan balik penerapan universal precautions dengan p = 0,043. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan iklim keselamatan kerja dan umpan balik penerapan universal precautions dengan kepatuhan universal precautions.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN UNIVERSAL PRECAUTIONS PADA PROSEDUR BEDAH OLEH DOKTER GIGI MUDA DI RSGM UNSYIAH (AHMAD ZAKI, 2014)

GAMBARAN PENGETAHUAN DOKTER GIGI MUDA MENGENAI PENANGANAN PASIEN DENGAN PENYAKIT SISTEMIK DALAM TINDAKAN BEDAH MULUT DI RSGM UNSYIAH BANDA ACEH (RITA RIXMA, 2016)

TINGKAT KEPATUHAN DOKTER GIGI MUDA TERHADAP PROTEKSI DIRI DALAM PENGENDALIAN INFEKSI SILANG DI RSGM UNSYIAH (fuzari, 2016)

GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN PENERAPAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN INFEKSI SILANG PADA TINDAKAN EKSTRAKSI GIGI (KAJIAN PADA MAHASISWA PROFESI KEDOKTERAN GIGI DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT [RSGM] UNSYIAH) (LISSA NOVIYANTI, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPATUHAN PENERAPAN KEWASPADAAN UNIVERSAL UNIVERSAL PRECAUTION) PADA DOKTER GIGI MUDA DI RSGM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RAHMI AULIYANTI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy