//

PENGARUH METODE PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN DI KELAS V SD NEGERI 40 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Pratiwi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pratiwi, Putri. 2018. Pengaruh Metode Permainan Ular Tangga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Di Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: Dra. Alfiati Syafrina, M.Pd., (2) Dr. Israwati,M.Si. Kata kunci: Pengaruh, Metode Permainan Ular Tangga Dalam proses belajar mengajar, belajar yang sebaik-baiknya adalah dengan mengalami sendiri. Salah satu alternatif yang dilakukan untuk memperbaiki serta meningkatkan hasil belajar mengajar adalah dengan menerapkan metode permainan Ular Tangga, yaitu proses pembelajaran sambil bermain. Penelitian ini berupaya mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dilihat secara bersamaan dalam interaksi belajar pada pembelajaran kurikulum 2013. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode permainan Ular Tangga terhadap hasil belajar siswa pada Subtema Organ Tubuh Manusia dan Hewan di kelas Va SD Negeri 40 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t. Jenis penelitian adalah eksperimen semu atau Pre Experimental Designs dengan model One Group Pretest Posttest Design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh yang terdiri dari dua kelas yaitu Va 28 siswa dan Vb 26 siswa sehingga jumlah populasi adalah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah Sampling Purposive. Sampel penelitian ini sebanyak 26 siswa di kelas Vb. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes soal berbentuk pilihan ganda berjumlah 25 butir pada subtema organ tubuh manusia dan hewan pembelajaran 2 dan pembelajaran 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taraf signifikan α = 0,05 dan dk = n₁ + n₂ - 2 = 26 + 26 – 2 = 50 maka daftar distribusi t dengan t_((1-α)(n_(1+n_2 )-2)) = t_(0,95)(50) sehingga diperoleh t_(0,95)(50) = 1,67 karena t_hitung ˃ t_tabel, yaitu 12,4 ˃ 1,67. Dengan demikian H_0 ditolak dan H₁ diterima, sehingga metode permainan Ular Tangga yang diajarkan subtema organ tubuh manusia dan hewan pembelajaran 2 dan pembelajaran 5 di kelas Vb dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode permainan Ular Tangga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada subtema organ tubuh manusia dan hewan di kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KELAS X SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (Ria Afriza, 2017)

PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SUBTEMA TUBUH MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 1 BANDA ACEH (Devi Anggraini, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (YANTI MUHARRAMI , 2016)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI PADA SMA NEGERI 1 INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR) (Febri Wanti Ramadhani, 2018)

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU DI KELAS IV SD NEGERI 8 BANDA ACEH (NURFITRIA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy