//

PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA SMP NEGERI 1 BLANG PIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD SYAHRIL - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Syahril, Muhammad. 2018. Pembentukan Karakter Disiplin Pada Siswa SMP Negeri 1 Blangpidie. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Univesitas Syah Kuala. Pembimbing: (1) Ruslan, S.Pd., M.Ed (2) Maimun, S,Pd., MA Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Disiplin Penelitian ini membahas tentang “Pembentukan Karakter Disiplin Pada Siswa SMP Negeri 1 Blangpidie”. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pembentukan karakter disiplin pada siswa SMP Negeri 1 Blangpidie melalui kegiatan Kurikuler. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pembentukan karakter disiplin pada siswa SMP Negeri 1 Blangpidie melalui kegiatan Ko- kurikuler. (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana pembentukan karakter disiplin pada siswa SMP Negeri 1 Blangpidie melalui kegiatan Ekstra-kurikuler. Jenis penelitian ini ialah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian SMP Negeri 1 Blangpidie. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara sedangkan teknik analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan subjek 9 orang. Hasil penelitan ini ialah (1) Pembentukan karakter disiplin pada siswa melalui kegiatan kurikuler di SMP Negeri 1 Blangpidie ialah adanya peraturan sekolah yang tertulis, peraturan dalam kelas, program-program keagamaan, beserta aturan sanksi-sanksi bagi pelanggar aturan tersebut. (2) Upaya pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan ko-kurikuler ialah dengan memberikan tugas keliping dengan tujuan memperdalam materi seperti tugas dan PR dan mengumpulkannya tepat waktu. Tidak hanya itu, menumbuhkan karakter disiplin siswa dapat juga dengan belajar di lapangan (dengan alam) dan seluruh siswa wajib patuh terhadap peraturan yang ditentukan sebelum menuju kelapangan. (3) Pembentukan karakter disiplin melalui kegiatan ekstra- kurikuler dapat terbentuk seperti setiap kegiatan ekstra- kurikuler harus tepat waktu, berpakaian sesuai dengan kegiatannya, dan bertanggung jawab terhadap kegiatan yang diikuti misalnya dengan selalu hadir dan tekun terhadap terhadap bidang yang diminati. Kemudian saran yang diberikan ialah (1) Kepada kepala sekolah dan guru di SMPN 1 Blangpidie untuk terus mempertahankan peraturan demi ketertiban dan kedisiplinan siswa di lingkungan sekolah dan tempat tinggal. (2) Kepada dinas pendidikan kabupaten Aceh Barat Daya untuk tetap memperhatikan sekolah dan guru dalam mendisiplinkan siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA SMP NEGERI 1 BLANG PIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (MUHAMMAD SYAHRIL, 2018)

PERANAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER DISIPLIN BAGI SISWA DI SMP NEGERI 3 SIMEULUE BARAT (Irawati, 2019)

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR DI SD NEGERI 20 BANDA ACEH (YURITA SARTIKA, 2019)

EKSISTENSI TARI RATEB MEUSEKAT DI GAMPONG MEUDANG ARA BARO KECAMATAN BLANG PIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Badril Ummir, 2018)

PELAKSANAAN UPACARA BENDERA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KOTA BAKTI KECAMATAN SAKTI KABUPATEN PIDIE (ISMATUL FAZILLAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy