//

PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMAN 9 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DWI MIFTAKHUL JANNAH - Personal Name
SubjectCOMPUTER SCIENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jannah, Dwi Miftakhul. 2018. Penerapan Model Guided Discovery Learning pada Materi Konsep Mol Kelas X di SMAN 9 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. M. Hasan, M.Si., (2) Dra. Zarlaida Fitri, M.Sc. Kata Kunci : guided discovery learning, konsep mol, aktivitas peserta didik, hasil belajar, tanggapan peserta didik Telah dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Guided Discovery Learning pada Materi Konsep Mol Kelas X di SMAN 9 Banda Aceh”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: (1) Aktivitas peserta didik selama penerapan model guided discovery learning pada materi konsep mol. (2) Hasil belajar peserta didik setelah penerapan model guided discovery learning pada materi konsep mol. (3) Tanggapan peserta didik terhadap penerapan model guided discovery learning pada materi konsep mol. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 2 SMAN 9 Banda Aceh tahun pelajaran 2017/2018 sejumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas peserta didik, soal tes, dan angket tanggapan peserta didik. Setelah diterapkan model guided discovery learning pada materi konsep mol, aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari 81,30% (aktif) pada pertemuan I menjadi 91,11% (sangat aktif) pada pertemuan II. Persentase peserta didik yang tuntas secara klasikal yaitu sebesar 77,78%, termasuk kategori baik. Tanggapan peserta didik terhadap penerapan model tersebut yaitu sebesar 89,82%, termasuk kategori sangat baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan model guided discovery learning pada materi konsep mol membuat peserta didik semakin aktif pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga sebagian besar peserta didik tuntas pada materi konsep mol, serta peserta didik memberikan tanggapan yang baik terhadap penerapan model guided discovery learning.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (DEVI AULIA RACHMAYATI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (ULFA MEIRIDA, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TIPE GUIDED DISCOVERY DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA 2 DI SMAN 16 BANDA ACEH (Saidatunnisa, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN (Salmaniah, 2016)

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRANSFORMASI DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH PADA MATERI TRANSFORMASI DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Haris Hidayat Ismil, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy