//

GAMBARAN DISRITMIA PASIEN GAGAL JANTUNG KONGESTIF DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ledi Iksarina - Personal Name
SubjectCORONARY HEART DISEASE - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Disritmia sebagai salah satu peristiwa kegawatdaruraan dapat memperburuk keadaan gagal jantung kongestif karena akan mempengaruhi kontraktilitas dan denyut jantung, selanjutnya akan menganggu fungsi pompa jantung dan menurunkan curah jantung. Penurunan curah jantung akan mengakibatkan sirkulasi nutrisi dan oksigen ke jaringan tubuh menjadi tidak efektif dan dapat berakibat pada kematian. Namun hal ini dapat dihindari apabila pada fase pengkajian disritmia dapat diidentifikasi secara dini melalui penyadapan Elektrokardiogram (EKG). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain retrospective study data sekunder (rekam medis). Sampel adalah 300 pasien gagal jantung kongestif yang dirawat di RSUDZA Banda Aceh periode Juli-Desember 2017. Alat ukur berupa EKG strip 24 jam pertama dan diisi ke dalam lembar isi yang terdiri dari data pasien, dan hasil analisis EKG. Hasil penelitian menunjukkan disritmia sinus sebanyak 69 orang (24,4%), Disritmia supraventrikular 49 orang (17,3%), Disritmia Ventrikel sebanyak 10 orang (3,5%), Blok Konduksi Arioventrikular sebanyak 15 orang (5,3%), Blok konduksi Interventrikel sebanyak 18 orang (6,4%), sedangkan Irama Sinus Normal sebanyak 120 orang (42,4%) dan 19 orang lainnya tidak terdapat/diukur EKG-nya. Dapat disimpulkan bahwa disritmia yang terjadi pada pasien gagal jantung paling banyak adalah disritmia sinus, namun penderita gagal jantung yang memiliki irama normal lebih banyak.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KADAR ASAM URAT DARAH DENGAN PROGNOSIS GAGAL JANTUNG KONGESTIF (ANNISA AMALIA, 2019)

MODIFIKASI MODEL SUSCEPTIBLE-EXPOSED-INFECTED (SEI) UNTUK PEMODELAN PENYAKIT JANTUNG KORONER (Wardatul Jannah, 2016)

HUBUNGAN USIA TERHADAP NILAI SPIROMETRI PADA PASIEN GAGAL JANTUNG KONGESTIF YANG DIRAWAT DI POLIKLINIK JANTUNG BLUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE FEBRUARI-MARET 2014 (Farhan Marzuki, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN DIET PASIEN GAGAL JANTUNG KONGESTIF DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ULPANA, 2018)

HUBUNGAN NITRIC OXIDE DAN JENIS KELAMIN TERHADAP KEJADIAN CORONARY SLOW FLOW PHENOMENON PADA PENDERITA PENYAKIT JANTUNG KORONER (dr. Meta Maulinda, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy