//

MANAJEMEN PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN PENYAKIT PADA AYAM BROILER PADA PT. INDOJAYA AGRINUSA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RISNAWATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

MANAJEMEN PENCEGAHAN DAN PENGGULANGAN PENYAKIT PADA AYAM BROILER PT INDOJAYA AGRINUSA ABSTRAK Pelaksanaan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui cara pencegahan dan penanggulangan penyakit pada ayam broiler dengan perlakuan sanitasi, isolasi,vaksinasi, dan biosekuriti di PT. Indojaya Agrinusa. Prosedur kegiatan yang dilakukan adalah dengan melakukan pengamatan di setiap kandang milik onw farm maupun yang bekerja sama dengan kemitraan PT. Indojaya Agrinusa, serta melakukan diskusi mengenai manajemen pencegahan penyakit apa saja yang telah digunakan serta mencatat hasil diskusi berupa data hasil. Data hasil yang di peroleh Peternakan ayam pedaging (broiler) kemitraan yang berlokasi di Dolok Mashihul dengan suhu lingkungan antara 33-34,7°C. Lokasi ini strategis dan baik karena berada jauh dari keramaian (perumahan warga) dan kebisingan. Total jumlah kandang 1 dengan ukuran P X L (73 x 9) dengan kapasitas kandang 5000-7500 ekor. Pemeliharaan ayam pedaging ini dilakukan dikandang model terbuka dengan jumlah ayam/populasi 5000 ekor. Dengan berat rata-rata DOC saat dimasukkan adalah 41.0 gram/ekor. Sanitasi yang paling sering dilakukan peternak adalah dengan desinfeksi atau penyemprotan kandang menggunakan desinfektan. Biosekuriti yang digunakan adalah spray keseluruhan badan dan celupan kaki. Kesimpulan adalah manajemen pencegahan dan penangglangan penyakit penting untuk di terapkan untuk meliputi tindakan sanitasi, pemberian pakan dan air minum yang berkualitas, vaksinasi, isolasi serta biosekuriti, sehingga pencapaian produksi yang optimal. Kata kunci : ayam broiler, sanitasi , isolasi, biosekuriti kandang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANAJEMEN PERKANDANGAN AYAM BROILER DI PT INDOJAYA AGRINUSA (DESI SUNDARI RAHAYU, 2018)

PENERAPAN BIOSEKURITI PADA KANDANG OWN FARM PT. INDOJAYA AGRINUSA TANJUNG ANOM DELI SERDANG (INDRA SIDAKKAL HARAHAP, 2018)

MANAJEMEN PEMBERIAN PAKAN AYAM BROILER PARENT STOCK DI PT. EXPRAVET NASUBA MEDAN (Nurul Aqmal, 2016)

RISIKO PADA INDUSTRI PETERNAKAN AYAM BROILER DENGAN MENGGUNAKAN METODE Z-SCORE DAN VAR (VALUE AT RISK) (HERI TRI IRAWAN, 2019)

DETEKSI RESIDU ANTIBIOTIK PADA DAGING AYAM BROILER DI BALAI VETERINER BUKITTINGGI SUMATERA BARAT (NURUL HILDANI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy