//

PENANGANAN FELINE PANLEUKOPENIA VIRUS PADA KUCING PERSIA DI KLINIK HEWAN ELDORA MEDAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FIDIYA MAIYURIZKA - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENANGANAN FELINE PANLEUKOPENIA VIRUS PADA KUCING PERSIA DI KLINIK HEWAN ELDORA MEDAN ABSTRAK Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui cara penanganan Feline panleukopenia virus pada kucing di Klinik Hewan Eldora Medan. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua bulan mulai dari tanggal 15 Januari 2018 sampai 15 Maret 2018. Feline panleukopenia virus merupakan penyakit menular yang menyerang segala umur kucing dan dapat menimbulkan banyak kematian terutama pada anak kucing dapat mencapai kematian 75%. Transmisi FPV terjadi secara langsung dan tidak langsung. FPV secara langsung menyerang kucing muda dengan sistem imun rendah, sedangkan secara tidak langsung melalui feses dan urin dari hewan yang terinfeksi. Prosedur kegiatan adalah pertama melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik, penanganan awal dengan terapi cairan, melakukan pemeriksaan lanjutan yaitu dengan pemeriksaan feses dan pemeriksaan menggunakan test kit FPV. Hasil anamnesa dan pemeriksaan fisik, kucing tersebut memperlihatkan keadaan demam tinggi yaitu 39,8°C, anoreksia, vomit dan diare berdarah. Hasil pemeriksaan menggunakan test kit FPV didapatkan hasil kucing terinfeksi virus Feline panleukopenia virus. Pengobatan yang dilakukan adalah dengan terapi suportif. Pengobatan meliputi pemberian obat antiemetik sukralfat, obat antidiare kaolin dan pektin, antibiotik metronidazol, dan pemberian vitamin. Pencegahan agar kucing tidak terserang Feline panleukopenia virus adalah dengan melakukan vaksinasi. Kucing dapat diberikan vaksinasi pertama kali pada usia 9 minggu. Desinfeksi lingkungan juga perlu dilakukan untuk menghindari kejadian berulang karena virus dapat bertahan di lingkungan hingga 1 tahun. Kata kunci : Kucing persia, penanganan Feline panleukopenia virus.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENANGANAN FELINE CHLAMYDIOSIS PADA KUCING DI RUMAH SAKIT HEWAN DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROVINSI SUMATERA BARAT (SARAH INDRA PARAMITHA, 2019)

PENANGANAN GIARDIASIS PADA KUCING DI KLINIK ELDORA MEDAN (CUT EVI ORIZA S, 2018)

GAMBARAN LEUKOSIT DARAH KUCING KAMPUNG (FELIS DOMESTICA) DAN KUCING PERSIA (FELIS CATUS) YANG MENDERITA DERMATOFITOSIS (Selvy Yunizar, 2018)

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUCING RAS DAN KUCING LOKAL (FELIS CATUS) SEBAGAI HEWAN KESAYANGAN DALAM KAJIAN KESEJAHTERAAN HEWAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Arief Aulia Rahman, 2018)

PENANGANAN DAN PERAWATAN PROLAPSUS ANI PADA KUCING (YOPI OKTAVIAGUS, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy