//

MEKANISME PELAYANAN DAN PENERTIBAN PASIEN BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nasruddin - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Mekanisme Pelayanan dan Penertiban Pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian yang akan dilaksanakan adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme pelayanan dan penertiban pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. BPJS sebagai penyelenggara jaminan sosial berkewajiban memberikan sarana pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang bermutu. Sistem pelayanan rujukan berjenjang menjadi tantangan yang kerap dihadapi oleh pasien BPJS Kesehatan di rumah sakit yang mengakibatkan kualitas pelayanan BPJS Kesehatan kurang maksimal sehingga diperlukan penertiban pasien BPJS Kesehatan yang menggunakan fasilitas kesehatan di rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, yaitu percakapan langsung dan tatap muka (face to face). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme pelayanan pasien BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh dapat dikatakan sudah cukup baik, terlihat dari proses pelayanan yang tidak berbelit-belit dan mudah dipahami oleh setiap pasien BPJS Kesehatan yang berkunjung ke rumah sakit. Mekanisme penertiban pasien BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh pasien BPJS Kesehatan diharuskan melakukan dua kali pendaftaran di loket verifikasi BPJS Kesehatan, yaitu pendaftaran di loket verifikasi BPJS Kesehatan dan pendaftaran di loket umum rumah sakit. Dalam dua loket tersebut, pasien BPJS Kesehatan harus menunggu antrian yang membutuhkan waktu cukup lama, mengingat banyaknya pasien BPJS Kesehatan dan terbatasnya waktu pelayanan pendaftaran yang hanya sampai jam 10.00 WIB di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh, maka pihak rumah sakit mengarahkan pasien ke pelayanan Unit Gawat Darurat dengan status pasien umum. Kata Kunci: Pelayanan, Penertiban, Pasien BPJS

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK TAHUN 2013 (Fauzan Safwandi, 2013)

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA KESEHATAN DIINSTALASI RAWAT INAP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL – FUZZY ( STUDI KASUS PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH ) (Ahlul Rizal, 2017)

HUBUNGAN PENERAPAN ASUHAN KEPERAWATAN SPIRITUAL DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Zulia Husnul U P, 2017)

GAMBARAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI BLUD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH TAHUN 2013 (ZEFRIADI NUR, 2014)

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG INTENSIVE CARE BLUD RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Safrizal , 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy