//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER(NHT) PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SDN 71 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Azalia Chaira - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT, operasi hitung campuran Penelitian ini berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Di Kelas IV SDN 71 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada materi operasi hitung campuran bilangan cacah di kelas IV SD Negeri 71 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) siswa dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada materi operasi hitung campuran bilangan cacah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 71 Banda Aceh, yang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah sebanyak 29 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen dengan pre-experimental design. Adapun dalam pengumpulan data, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir atau post test. Hasil tes tersebut digunakan untuk melihat bagaimana hasil yang diperoleh siswa dalam memahami materi operasi hitung campuran bilangan cacah. Nilai yang didapat dari tes inilah yang diambil sebagai data, kemudian data diolah dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan data yang diperoleh dan dianalisis serta dilakukan pengujian hipotesis, didapat thitung = 4,312 dan ttabel dengan taraf signifikan α = 0.05 dan dk = 28 sebesar 1,70, sehingga thitung > ttabel atau 4,312 > 1,70, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi operasi hitung campuran bilangan cacah dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di kelas IV SD Negeri 71 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT RNKELAS IV SD NEGERI 19 BANDA ACEH (meutia, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)PADA MATERI PANTUN ANAK DI KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA ACEH (ova suriani, 2013)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDRNHEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI MASALAH SOSIALRNDI KELAS IV SD NEGERI 40 BANDA ACEH (Dewiana, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPERNNUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI RNKPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI 71RN BANDA ACEH (Masyita, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (RINA PURNAMA SARI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.