//

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA DENGAN SIKAP PENGELOLAAN SAMPAH DI GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTARAJA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Vithra Ramadhyan. RM - Personal Name
SubjectWASTE MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian berjudul “Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Rumah Tangga Terhadap Sikap Pengelolaan Sampah di Gampong Jawa Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh” telah dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus sampai dengan 7 September 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu rumah tangga terhadap sikap pengelolaan sampah di Gampong Jawa Kecamatan Kutaraja Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 426 ibu rumah tangga dari 5 dusun di Gampong Jawa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sehingga didapat sampel dalam penelitian ini adalah 80 ibu rumah tangga. Parameter yang diamati adalah pengetahuan dan sikap ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kedua variabel dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan uji r sebesar 0,727 yang berarti korelasi dalam rentang cukup dengan arah positif dan hasil uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05, diperoleh hasil (thitung 9,338 > t tabel 2,000). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu rumah tangga terhadap sikap pengelolaan sampah di Gampong Jawa Kecamatan Kutaraja Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI KOTA BANDA ACEH (TEUKU M HAFIZH, 2018)

HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DENGAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI GAMPONG BLANGKRUENG KABUPATEN ACEH BESAR (STUDI KASUS KELOMPOK USAHA BERSAMA PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DUSUN COT SIBATI) (RIZA RAMADHAN, 2015)

PERILAKU MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTA RAJA KOTA BANDA ACEH (BISNAWATI, 2016)

IDENTIFIKASI TIMBULNYA KAWASAN KUMUH DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS : GAMPONG JAWA, KECAMATAN KUTARAJA, BANDA ACEH) (SUSI ARDILLA, 2018)

DESKRIPSI PENGETAHUAN IBU RUMA TANGGA DENGAN PRILAKU TINDAKAN PENGELOLAAN KEBERSIHAN LINKUNGAN PEKARANGAN RUMAH DI GAMPONG TEUNGOH SEULEUMAK KECAMATAN MATANG KULI KABUPATEN ACEH UTARA (asmaul husna, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy