//

STUDI ETNOBOTANI PALA DI KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang cut windasari - Personal Name
SubjectNUTMEG
ETHNOBOTANY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Etnobotani, Pala (Myristica fragrans Houtt), Kabupaten Aceh Selatan Penelitian berjudul “Studi Etnobotani Pala di Kabupaten Aceh Selatan” telah dilakukan pada tanggal 11 Agustus sampai dengan 29 Agustus 2013. Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pemanfaatan tumbuhan pala (Myristica fragrans Houtt) oleh masyarakat Aceh Selatan. Penelitian dilakukan dengan metode survei, teknik pengumpulan data secara wawancara dan observasi. Populasi penelitian adalah masyarakat Aceh Selatan, dan sampel 100 orang yang memanfaatkan tumbuhan pala. Hasil penelitian ditemukan semua organ tumbuhan pala yaitu akar, batang, daun, bunga, buah dan biji dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Aceh Selatan. Tumbuhan pala digunakan untuk obat-obatan, makanan, bumbu masakan, kayu bakar, minyak pala dan pupuk. Organ tumbuhan pala yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Aceh Selatan adalah buah dan biji. Buah pala digunakan untuk membuat manisan, sirup, obat, bumbu masak dan pupuk. Biji pala diolah menjadi minyak pala, obat, bumbu masak dan pupuk. Akar dan bunga pala sangat sedikit yang memanfaatkannya. Akar pala hanya dimanfaatkan 5% responden sebagai obat, bunga pala hanya dimanfaatkan 9%, daun pala 43%, sedangkan batang pala 100% digunakan untuk kayu bakar. Disarankan penelitian lebih lanjut tentang hama dan penyakit pada tumbuhan pala.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEMASARAN PALA DI KECAMATAN TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN (Faradila Febriani, 2016)

STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN PALA DI KAMPUNG HILIR KECAMATAN TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN (STUDY KASUS DI UD. MESTIKA PALA) (Ulfika Sari, 2014)

TAMAN WISATA PALA DI ACEH SELATAN (Ega Puspita Dewi, 2017)

PENDAPATAN PENGUSAHA MANISAN BUAH PALA DI KECAMATAN TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN. (Asrul Hadi, 2016)

STUDI ETNOBOTANI TANAMAN PINANG (ARECA CATECHU L) DI KABUPATEN ACEH SELATAN (Nurjalia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy