Search :

Advance


HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN GANGGUAN JIWA SKIZOFRENIA PARANOID DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA ACEH

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Atikah Sinaga - Personal Name
Subyek SCHIZOPHRENIA-MEDICINE
MEDICATIONS
Bahasa
Fakultas
Tahun Terbit

Abstrak/Catatan

Skizofrenia Paranoid adalah jenis skizofrenia yang paling sering dijumpai dinegara manapun. Ketidakpatuhan minum obat pasien skizofrenia paranoid masih tinggi, yang dapat meningkatkan resiko kekambuhan. Keluarga merupakan orang terdekat dengan pasien yang mempunyai peranan penting dalam kesembuhan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan keluarga dengan tingkat kepatuhan minum obat pasien gangguan jiwa skizofrenia paranoid di unit rawat jalan Rumah Sakit Jiwa Aceh yang dilaksanakan sejak bulan September 2013 sampai November 2013. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan desainpotong lintang. Data kuesioner yang diperoleh dari 37 responden dianalisis secara deskriptif. Kemudian, untuk mencari hubungan variabel terhadap kepatuhan minum obat pasien skizofrenia paranoid yang dilakukan dengan analisa uji Chi-Square. Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan keluarga dan kepatuhan minum obat pasien skizofrenia paranoid dengan nilai p=0,000< α 0,05. Kata kunci: skizofenia paranoid, kepatuhan minum obat, pengetahuan keluarga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN SKIZOFRENIA DI UNIT RAWAT JALAN BLUD RUMAH SAKIT JIWA ACEH TAHUN 2013 (Putri Febryanti, 2016)

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT DENGAN REHOSPITALISASI PASIEN SKIZOFRENIA DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (ARIKA ANGGRAINI, 2017)

FAKTOR- FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELUARGA PASIEN TERHADAP KEKAMBUHAN SKIZOFRENIA DI BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (BLUD) RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Yudi Pratama, 2015)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP LAMA PERAWATAN PASIEN SKIZOFRENIA DI RSJ BANDA ACEH (T.Jaja Amarullah, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEJADIAN RELAPS PASIEN SKIZOFRENIA DI BLUD RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Merysia Karmila, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.