//

STRATEGI KOMUNIKASI BPJS KETENAGAKERJAAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA JASA PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOF MIRANDA WAHYUDI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jaminan sosial sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyrakat yang Indonesia saat ini. Penggunaan jaminan sosial bertujuan untuk memproteksi diri dari masalah ekonomi apabila terjadi sesuatu kepada penggunanya. Salah satu jaminan sosial yang sudah menjadi program Pemerintah Indonesia adalah Program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi komunikasi yang digunakan BPJS Ketenagakerjaan dalam meningkatkan jumlah pengguna jasa program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan di Kota Banda Aceh. Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, peneliti menganalisis hasil penelitian dengan bantuan teori AIDDA. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan BPJS Ketenagakerjaan yang berperan penting dalam mengatur strategi komunikasi dimasyarakat dan peserta BPU (Bukan Penerima Upah) program BPJS Ketenagakerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh BPJS Ketenagakerjaan cabang Banda Aceh sudah efektif, dikarenakan telah memenuhi kriteria dari teori AIDDA. Hasil dari teori AIDDA pada strategi komunikasi BPJS Ketenagakerjaan dimana Attention (perhatian) adalah BPJS Ketenagakerjaan melakukan kegiatan promosi dan iklan di media cetak, radio, dan baliho. Interest (ketertarikan) adalah BPJS Ketenagakerjaan menciptakan daya tarik peserta dari sosialisasi-sosialisasi dengan bahasa yang mudah dipahami. Desire (keinginan) adalah BPJS Ketenagakerjaan memunculkan keinginan peserta untuk bergabung dari nilai iuran kecil tapi manfaat yang besar. Decision (keputusan) adalah BPJS ketenagakerjaan berusaha semaksimal mungkin memaparkan manfaat yang akan diterima sebagai bentuk asuransi dan proteksi dalam bekerja sehingga mendapat keputusan untuk penggunaan program tersebut. Action (tindakan) adalah mempermudah peserta dalam pendaftaran dan pembayaran uang iuran tiap bulannya. Dengan straegi komunikasi ini menimbulkan pemahaman yang baik dimata peserta dan akhirnya tertaik mendaftar program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan. Kata Kunci: Jaminan Sosial, BPJS Ketenakerjaan, Teori AIDDA

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM INFORMASI KLAIM JAMINAN HARI TUA (JHT) PADA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG BANDA ACEH (SAID ROYYAN, 2016)

KINERJA PEGAWAI DAN ORGANISASI KANTOR CABANG BPJS KETENAGAKERJAAN PROVINSI ACEH (Nazarullah, 2015)

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP REPUTASI DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING (CRM) SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN (BPJS) CABANG BELAWAN (Husaini, 2018)

PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN SOSIAL OLEH BADAN PELAKSANA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KETENAGAKERJAAN TERHADAP TENAGA KERJA KONTRAK PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Rizqi Alzamna, 2017)

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUSAHA DALAM MEMILIH PROGRAM PERLINDUNGAN TENAGA KERJA BPJS KETENAGAKERJAAN BANDA ACEH (Yulia Agustina, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy