//

KAJIAN ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI TERHADAP PENGELOLAAN EKOSISTEM SUMBERDAYA PESISIR DAN LAUT BERBASIS EAFM (ECOSYSTEM APPROACH TO FISHERIES MANAGEMENT) DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dhea Natasya Ricky Chikita - Personal Name
SubjectCOASTAL WETLANDS - ECOLOGY
MARINE RESOURCES
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Pengelolaan ekosistem sumberdaya pesisir dan laut berdasarkan aspek ekonomi sosial dalam EAFM (Ecosystem Approach to Fisheries Management) adalah salah satu penyeimbang antara pengelolaan perikanan pada kesejahteraan nelayan. Masih kurangnya partisipasi masyarakat nelayan terhadap pentingnya perkembangan ekonomi serta konflik sosial yang ada. Sejauh ini perhatian terhadap perkembangan dimensi tahap pembangunan sosial dan ekonomi sudah mulai menjadi perhatian pemerintah daerah setempat. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menilai indikator domain ekonomi dan sosial berbasis EAFM. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Februari 2018 yang bertempat di Lampulo Kecamatan Kuta Alam-Banda Aceh, Kampung jawa, Provinsi Aceh. Metode pengambilan data yaitu menggunakan data primer (wawancara dan kuesioner) dan data sekunder (dari instansi terkait). Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan 15 responden. Analisis data menggunakan skor likert berbasis ordinal 1,2,3 terhadap masing-masing indikator yaitu domain ekonomi, pendapatan rumah tangga perikanan (RTP), rasio tabungan, dan kepemilikan aset serta domain sosial yaitu partisipasi pemangku kepentingan, konflik perikanan dan pemanfataan pengetahuan lokal dalam pengelolaan sumberdaya ikan. Rata-rata indikator memperoleh skor 2. Pengelolaan ekosistem sumberdaya pesisir dan laut di kota Banda Aceh ini tepatnya wilayah kampung Jawa, Lampulo pada domain ekonomi tergolong sedang dengan perolehan nilai komposit 53,33 serta tergolong sangat baik pada domain sosial dengan perolehan nilai komposit sebesar 88,88. Kata kunci: EAFM; Domain sosial-ekonomi; pengelolaan perikanan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STATUS PENGELOLAAN PERIKANAN CAKALANG TERKAIT DENGAN IMPLEMENTASI EAFM PADA DOMAIN SUMBERDAYA IKAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) KUTARAJA, KOTA BANDA ACEH (Ratna Sari, 2019)

STATUS PENGELOLAAN PERIKANAN TERKAIT DENGAN IMPLEMENTASI EAFM (ECOSYSTEM APPROACH FISHERIES MANAGEMENT) PADA DOMAIN TEKNIK PENANGKAPAN IKAN DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA (PPS) LAMPULO BANDA ACEH (APRILINA SARAGIH, 2018)

HUBUNGAN PERAN KELEMBAGAAN PANGLIMA LAOT TERHADAP PENGELOLAAN PERIKANAN BERBASIS EAFM (ECOSYSTEM APPROACH TO FISHERIES MANAGEMENT) (SALMARIKA, 2017)

EFEKTIVITAS MANAJEMEN KELEMBAGAAN PANGLIMA LAOT KABUPATEN SIMEULUE DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENGELOLAAN PERIKANAN BERBASIS EAFM (ECOSYSTEM APPROACH TO FISHERIES MANAGEMENT) (Frisca Bella Nazwar, 2018)

PERBANDINGAN KONTRIBUSI SEKTOR PERIKANAN LAUT DENGAN SEKTOR EKOSISTEM BAKAU PADA NELAYAN DI KOTA BANDA ACEH (R. Denny Syahputra, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy