//

ANALISIS LOGAM BERAT MERKURI (HG) DAN KADMIUM (CD) DALAM TANAH DENGAN METODE SPEKTROMETRI SERAPAN ATOM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WINDA SAPUTRI - Personal Name
SubjectATOMS
METALS - CHEMISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Tanah, logam berat, merkuri, kadmium, metode SSA Telah dilakukan penelitian tentang analisis logam berat merkuri (Hg) dan kadmium (Cd) dalam tanah dengan metode spektrometri serapan atom. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar logam merkuri (Hg) dan kadmium (Cd) dalam tanah kebun percobaan Fakultas Pertanian, Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh. Destruksi sampel menggunakan larutan HNO3 pekat untuk analisis logam kadmium (Cd) dengan microwave sample preparation system pada suhu 85°C selama 2 jam sedangkan logam merkuri (Hg) dilarutkan dengan HNO3 pekat, H2SO4 pekat, K2S2O8 5% dan penambahan KMnO4 5%. Larutan hasil destruksi dianalisis logam merkuri (Hg) menggunakan metode SSA uap dingin dengan panjang gelombang 253,7 nm dan logam kadmium (Cd) dengan metode SSA memiliki panjang gelombang 228,80 nm. Hasil penelitian menunjukkan kadar logam merkuri (Hg) pada tanah kebun percobaan 1, kebun percobaan 2, kebun percobaan 3, kebun masyarakat dan kebun kontrol berturut-turut yaitu 0,0836; 0,1808; 0,1492; 0,1320; dan 0,0729 ppm, sedangkan logam kadmium (Cd) tidak terdeteksi pada kelima sampel tanah kebun tersebut. Berdasarkan standar nilai ambang batas kandungan logam berat Balai Penelitian Tanah pada tanah kebun percobaan 1, kebun percobaan 2, kebun percobaan 3, kebun masyarakat dan kebun kontrol tidak melebihi ambang batas yang ditetapkan yaitu maksimal 1 ppm untuk logam merkuri dan maksimal 2 ppm untuk logam kadmium.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KADAR CEMARAN LOGAM BERAT TIMBAL DAN ARSEN PADA SUSU KAMBING SEGAR DENGAN METODE SPEKTROMETRI SERAPAN ATOM (STUDI KASUS DI PETERNAKAN KAMBING LIMPOK DARUSSALAM) (FIKHA FADLINA, 2018)

ANALISIS KADAR LOGAM TIMBAL (PB) DAN KADMIUM (CD) PADA TANAMAN KANGKUNG (IPOMOEA AQUATICA) MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA) SERAPAN ATOM (SSA) (NURUL FAJRIAH, 2017)

ANALISIS KADAR LOGAM BERAT ARSEN (AS) DAN HARA MIKRO BESI (FE) DALAM PUPUK ORGANIK DENGAN METODE SPEKTROMETRI SERAPAN ATOM (SSA) (Rina Ika Octaviana, 2017)

PENENTUAN KADAR BEBERAPA LOGAM BERAT (PB, CD DAN FE) PADA BEBERAPA TITIK HULU DAN HILIR SUNGAI KRUENG ACEH (PUTRI NADILA, 2019)

KUANTITAS KANDUNGAN LOGAM BERAT (PB, CD, FE, DAN HG) DAN MINYAK SOLAR DI ESTUARIA KRUENG CANGKOI, MEULABOH, ACEH BARAT (muhammad iqbal, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy