//

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI PARASIT PADA INSANG DAN USUS IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) DI DESA LINGKE KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ARISKA YULIANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yuliana, Ariska. 2018. Identifikasi dan Prevalensi Parasit pada Insang dan Usus Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus) di Desa Lingke, Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu pensisikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Mudatsir, M.Kes. (2) Iswadi, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Identifikasi, Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus), Parasit Identifikasi dan Prevalensi Parasit pada Insang dan Usus Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus) di Desa Lingke, Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh” dan telah dilakukan pada bulan november 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis parasit yang terdapat pada insang dan usus Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus) serta menghitung prevalensi dan intensitasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode natif. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus). Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan literatur dan menggunakan rumus prevalensi dan intensitas. Pemeriksaaan ektoparasit dilakukan dengan cara pengamatan organ tubuh bagian luar dan kemudian diperiksa di bawah mikroskop. Hasil penelitian dari jumlah sampel 20 ekor ditemukan parasit pada insang Dactylogyrus sp. sedangkan pada usus ditemukan parasit Cichilidogyrus sp. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ditemukan dua jenis parasit yang menginfeksi Ikan Mujair (Oreochromis mossambicus) di tambak Desa Lingke dari, yaitu Dactylogyrus sp. sebanyak 7 parasit yang terdapat pada insang dan Cichidogyrus sp. sebanyak 3 parasit yang terdapat pada usus dan nilai prevalensi pada Dactylogyrus sp. 35% dan dan pada Cichilidogyrus sp. 15%. Nilai intensitas pada Dactylogyrus sp. 1 ind/ekor dan pada Cichilidogyrus sp. 1 ind/ekor.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KERAGAMAN PARASIT PADA IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) YANG DIBUDIDAYA DI DANAU LAUT TAWAR ACEH TENGAH (Albar Irha, 2015)

PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK METANOL BIJI PUTAT AIR (BARRINGTONIA RACEMOSA) TERHADAP MORTALITAS IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) (liatul fatimah, 2013)

UJI SELEKTIVITAS PISISSIDA EKSTRAK METANOL DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP MORTALITAS IKAN MUJAIR (OREOCHROMIS MOSSAMBICUS) DAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) (IKHLASUL AMAL, 2015)

MORFOMETRIK DAN HUBUNGAN PANJANG BERAT IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI DANAU ANEUK LAOT KOTA SABANG (Auliyanisa Khayra, 2017)

INVENTARISASI PARASIT PADA IKAN KEMBUNG (RASTRELLIGER KANAGURTA) DARI TIGA LOKASI TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) (Ira Novita Rahayu, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy