//

GAMBARAN USIA MENARCHE PADA REMAJA PUTRI SMP NEGERI 6 DAN SMP 12 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Amalya Sabrina - Personal Name
SubjectCHILDREN
MENARCHE - HUMAN PHYSIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: menarche, remaja putri, status gizi Penelitian yang berjudul “Gambaran Usia Menarche Pada Remaja Putri SMPN 6 dan SMPN 12 Kota Banda Aceh Tahun 2013” telah dilaksanakan pada tanggal 19 November sampai dengan 16 Desember 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata usia menarche remaja putri di SMPN 6 dan SMPN 12 Banda Aceh dan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan usia menarche seperti; status gizi, tingkat sosial ekonomi keluarga, aktivitas fisik, dan pengaruh paparan media massa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian seluruh remaja putrid SMPN 6 berjumlah 225 orang dan SMPN 12 berjumlah 83 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportional random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 69 orang dari SMPN 6 dan 45 orang dari SMPN 12. Pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuisioner penelitian dan dilakukan pengukuran antropometri menggunakan rumus z-score untuk mengetahui indeks status gizi menurut BB/U dan TB/U. Analisis data menggunakan Uji-t dan rumus Chi-Square. Hasil uji–t dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh t hitung 1,84 > t table 1,67, sehingga Ha diterima. Dari keempat faktor yang di hitung menggunakan rumus Chi-Square, untuk hubungan antara aktivitas olahraga dengan usia menarche diperoleh nilai X2 hitung < X2 tabel, sehingga Ha ditolak, sedangkan untuk ketiga faktor lainnya yaitu hubungan antara status gizi menurut indeks BB/U dan TB/U, status ekonomi keluarga dan tingkat paparan media massa dengan usia menarche, diperoleh nilai X2 hitung > X2tabel, sehingga Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan rata-rata usia menarche pada remaja putri SMPN 6 dan SMPN 12 Banda Aceh, faktor-faktor yang mempengaruhi usia menarche remaja putri SMPN 6 dan SMPN 12 Banda Aceh adalah status gizi, status ekonomi keluarga dan pengaruh paparan media massa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN USIA MENARCHE PADA REMAJA PUTRI SMP NEGERI 6 DAN SMP 12 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Amalya Sabrina, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUASI DENGAN KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE DI MIN RUKOH BANDA ACEH RNTAHUN 2014 (MUTIA, 2014)

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN USIA MENARCHE PADA SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014 (mirazi asyraf, 2014)

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN USIA MENARCHE PADA SISWI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014 (Mirazi asyraf, 2014)

HUBUNGAN TINGKAT PRESTASI BELAJAR DENGAN USIA MENARCHE PADA SISWI PELAJAR SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI BANDA ACEH (Krisna Ayu, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy