//

HUBUNGAN DAN PENGARUH NILAI MATA KULIAH PRASYARAT TERHADAP NILAI MATA KULIAH MEKANIKA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Caca Candra Kirana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kirana, Caca Candra. 2018. Hubungan dan Pengaruh Nilai Mata Kuliah Prasyarat terhadap Nilai Mata Kuliah Mekanika Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Agus Wahyuni, M.Pd., (2) Dr. Muhammad Syukri, S.Pd., M.Ed Kata kunci: hubungan, pengaruh, nilai, mata kuliah prasyarat, mata kuliah mekanika Mata kuliah Mekanika adalah salah satu mata kuliah yang memiliki mata kuliah prasyarat. Rendahnya nilai pada mata kuliah Mekanika mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah diduga berkaitan dengan nilai pada mata kuliah prasyarat karena materi pada mata kuliah prasyarat akan menunjang pemahaman materi pada mata kuliah Mekanika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dan pengaruh nilai mata kuliah prasyarat terhadap nilai mata kuliah Mekanika pada mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Populasi adalah seluruh mahasiswa pendidikan Fisika angkatan 2014 dan 2015 yang telah menyelesaikan mata kuliah Mekanika. Sampel adalah keseluruhan populasi sebanyak 85 sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Pengolahan data dilakukan dengan analisis korelasi dan regresi berganda berbantuan aplikasi SPSS versi 23. Hipotesis penelitian diuji menggunakan statistik Uji-F. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan dan pengaruh yang signifikan antara nilai mata kuliah prasyarat terhadap nilai mata kuliah Mekanika pada mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah dengan nilai Fhitung=4,154>Ftabel(4)(80)=2,49 pada taraf signifikansi 0,05 (α = 5%). Koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,415 yang artinya terdapat hubungan positif pada tingkat sedang antara nilai mata kuliah prasyarat dengan nilai mata kuliah Mekanika dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,172 atau 17,2% yang artinya nilai mata kuliah prasyarat memberikan pengaruh sebesar 17,2% terhadap kenaikan nilai mata kuliah Mekanika.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH NILAI MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA I TERHADAP NILAI MATA KULIAH LISTRIK MAGNET MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2014 (TEUKU MUHAMMAD HARY RAMADHAN, 2018)

PENGARUH NILAI MATA KULIAH PEMIKIRAN SAINS DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (RIKA MULIA, 2018)

KONTRIBUSI NILAI MATA KULIAH BIDANG PROFESIONAL DAN MATA KULIAH PEDAGOGIK TERHADAP NILAI MATA KULIAH PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Novi Sriutami Ningsih, 2018)

PENGARUH NILAI MATA KULIAH FISIKA MODERN TERHADAP NILAI MATA KULIAH PENDAHULUAN FISIKA INTI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (Eviza Nurfadilla, 2017)

KORELASI NILAI MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (SBM) DAN EVALUASI PENGAJARAN FISIKA (EPF) DENGAN NILAI MATA KULIAH PERENCANAAN PENGAJARAN FISIKA (PPF) PADA MAHASISWA JURUSAN FISIKA FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2014 (Sri Ulina, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy