//

PENGARUH KEMASAN ALUMINIUM FOIL DAN BONTOL KACA TERHADAP UMUR SIMPAN ABON IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) DENGAN PENDEKATAN METODE ARRHENIUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wahyu Afdillah - Personal Name
SubjectFOOD TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Ikan tongkol (Euthynnus affinis) dapat diolah menjadi produk abon yang berupa serbuk-serbuk halus dengan bahan tambahan rempah– rempah seperti lengkuas, serai dan ketumbar sehingga menghasilkan cita rasa dan aroma abon yang sangat khas. Dalam menjaga dan mempertahankan mutu, abon ikan harus dikemas dengan baik agar sampai ke tangan konsumen dalam kondisi yang baik pula. Adapun jenis bahan kemasan harus diperhatikan untuk menjaga dan mempertahankan mutu abon ikan selama penyimpanan berbulan – bulan. Pada penelitian ini digunakan dua jenis kemasan yaitu kemasan aluminium foil dan kemasan botol kaca untuk menduga umur simpan abon ikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode ASLT (accelerated shelf-life testing) Arrhenius. Pendugaan umur simpan ini ditentukan melalui perubahan mutu abon ikan berdasarkan dua faktor. Faktor I adalah jenis kemasan yang terdiri dari 2 taraf yaitu : K1= aluminium foil dan K2= botol kaca. Faktor II adalah suhu penyimpanan terdiri atas 3 taraf yaitu : S1= 300C, S2= 400C dan S3= 500C. Analisis dilakukan selama penyimpanan (hari) terdiri atas 5 taraf yaitu : P0 = 0 hari, P1= 7 hari, P2= 14 hari, P3 = 21 hari dan P4= 28 hari. Setiap kombinasi jenis kemasan dan suhu penyimpanan dilakukan dengan 2 kali ulangan. Dengan demikian terdapat 30 kombinasi perlakuan dengan 2 kali ulangan sehingga diperoleh 60 satuan percobaan. Lalu dilakukan analisis kadar air, uji ketengikan TBA, total mikroba, dan uji organoleptik yang selanjutnya ditentukan pendugaan umur simpan melalui metode Arrhenius.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KEMASAN PLASTIK POLIETILEN DAN POLIPROPILEN TERHADAP UMUR SIMPAN ABON IKAN TONGKOL (KATSUWONUS PELAMIS) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARRHENIUS (M RIZKI ARIFANDY SARAGIH, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN IKAN TONGKOL DENGAN PENAMBAHAN RAGI ROTI TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN POPULASI ROTIFERA (BRACHIONUS PLICATILIS) (Erayanti, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN POPULASI ROTIFERA (BRACHIONUS PLICATILIS (Yusmiati, 2016)

JUMLAH CEMARAN MIKROBA DAN NILAI ORGANOLEPTIK IKAN TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) (Ria Apriani, 2017)

PEMANFAATAN CRUDE ENZIM BROMELIN DARI EKSTRAK NANAS (ANANAS COMOSUS L.) UNTUK PEMBUATAN KECAP TONGKOL (EUTHYNNUS AFFINIS) (WISKA MULIDASARI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy