//

ANALISIS NILAI BUDAYA DALAM CERITA RAKYAT PETUAH SANG AYAH: RIWAYAT DATU PARNGONGO KARYA S.R.H SITANGGANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Melia Purnama Sari - Personal Name
SubjectACEH LITERATURE- FOLKLORE
ACEH - CULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : nilai-nilai budaya dalam cerita rakyat Petuah Sang Ayah: Riwayat Datu parngongo Penelitian yang berjudul “Analisis Nilai Budaya dalam Cerita Rakyat Petuah Sang Ayah: Riwayat Datu Parngongo Karya S.R.H. Sitanggang” ini mengangkat masalah bagaimanakah nilai-nilai budaya yang terkandung dalam cerita rakyat ini. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai budaya dalam cerita rakyat Petuah Sang Ayah: Riwayat Datu Parngongo. Sumber data penelitian ini adalah cerita rakyat Petuah Sang Ayah: Riwayat Datu parngongo setebal 57 halaman karya S.R.H. Sitanggang. Data dalam penelitian ini berupa kata, ungkapan, dan kalimat yang mengandung nilai-nilai budaya dalam cerita rakyat Petuah Sang Ayah: Riwayat Datu Parngongo. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan tekstual. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kajian pustaka. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat beberapa nilai-nilai budaya dalam cerita rakyat Petuah Sang Ayah: Riwayat Datu Parngongo. Pengarang dominan menjelaskan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam cerita rakyat Petuah Sang Ayah: Riwayat Datu Parngongo yaitu nilai budaya dalam hubungan manusia dengan Tuhan, nilai budaya dalam hubungan manusia dengan alam, nilai budaya dalam hubungan manusia dengan masyarakat/manusia, dan nilai budaya dalam hubungan manusia dengan dirinya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI SASTRA ANAK BAGI PERKEMBANGAN NILAI PERSONAL ANAK DALAM BUKU CERITA ANAK INDONESIA (YUSRAWATI JR SIMATUPANG, 2019)

ANALISIS NILAI SOSIAL DALAM CERITA RAKYAT DI KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN (Mutia Fazira, 2017)

EKSISTENSI TOKOH AYAH DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN NOVEL AYAHKU (BUKAN) PEMBOHONG KARYA TERE LIYE (Hasniyati, 2018)

ANALISIS NILAI EDUKATIF DALAM CERITA RAKYAT DI KECAMATAN SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN (Sefsri Dahmia Sari, 2016)

ANALISIS PESAN MORAL DALAM CERITA RAKYAT DI KECAMATAN KUTA MALAKA (Cut Eva Syamsoeddin Putri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy