//

JUMLAH CEMARAN BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA TELUR ASIN MENTAH YANG DIJUAL DI PASAR INDUK LAMBARO ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ayu Fitria - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui jumlah cemaran bakteri Staphylococcus aureus pada telur asin mentah yang dijual di Pasar Induk Lambaro Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan 12 butir telur asin mentah yang diperoleh dari empat pedagang secara acak, setiap pedagang diambil tiga butir telur. Metode penelitian ini menggunakan metode Standard Plate Count (SPC). Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata jumlah cemaran bakteri Staphylococcus aureus yang terdapat pada abu gosok yaitu 9,8 x 105 cfu/g, pada kerabang telur yaitu 3,3 x 105 cfu/g, dan pada isi telur yaitu 1,0 x 105 cfu/g. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jumlah cemaran bakteri Staphylococcus aureus pada telur asin mentah yang dijual di Pasar Induk Lambaro Aceh Besar melebihi ambang batas SNI yaitu lebih dari 1 x 101 cfu/g.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

JUMLAH CEMARAN MIKROB PADA TELUR ASIN MENTAH YANG DIJUAL DI PASAR ULEE KARENG BANDA ACEH (Restia Dora, 2018)

KANDUNGAN ESCHERICHIA COLI PADA TELUR ITIK YANG DIJUAL DI PASAR INDUK LAMBARO KECAMATAN INGIN JAYA ACEH BESAR (Hendri Saputra, 2018)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI ESCHERICHIA COLI DAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA KEUMAMAH YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL LAMBARO ACEH BESAR (Liza Ummamie, 2017)

TOTAL CEMARAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA DAGING KEBAB (GRILLED MEATS) YANG DIJUAL DI BANDA ACEH (ARIFA NURZHAFIRA, 2018)

TOTAL STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA TELUR AYAM RAS YANG DIJUAL DI SWALAYAN KECAMATAN SYIAH KUALA (Rikamalia, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy