//

PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI DALAM BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PVKK KONSENTRASI TATA BOGA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yulianda - Personal Name
SubjectENTREPRENEURSHIP
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yulianda, 2018. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Dalam Berwirausaha Mahasiswa Program Studi PVKK Konsentrasi Tata Boga FKIP Universitas Syiah Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga (Tata Boga), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Laili Suhairi, S.Pd, M.Si, (2) Drs. Martunis, M.Si Kata Kunci : Pendidikan kewirausahaan, Motivasi, Mahasiswa, Berwirausaha. Dari hasil survei ditemukan sebagian besar alumni mahasiswa Pogram Studi PVKK Konsentrasi Tata Boga FKIP Universitas Syiah Kuala adalah berprofesi sebagai guru, sangat sedikit sekali yang berkecimpung dalam dunia wirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap motivasi mahasiswa Program Studi PVKK Konsentrasi Tata Boga FKIP Unsyiah dalam berwirausaha. Metode yag digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2013 dan 2014, penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling 36 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap motivasi mahasiswa dalam berwirausaha namun belum dalam katagori yang kuat. Dari 20 responden 14 (70%) diantaranya memiliki motivasi tetapi dalam katagori yang belum kuat, yang memiliki motivasi yang kuat hanya 3 responden (15%) sedangkan 3 responden (15%) malah tidak sama sekali memiliki motivasi untuk berwirausaha, dikarenakan mereka mempunyai hambatan-hambatan yang membuat mereka belum berani untuk terjun dalam dunia usaha. Faktor-faktor yang menghambat mahasiswa tersebut antara lain kurangnya kepercayaan diri dalam berwirausaha, kurangnya pengalaman, modal, kurangnya keberanian dalam mengambil resiko, dan faktor dukungan keluarga. Oleh sebab itu diperlukan kegiatan Program Studi PVKK Konsentrasi Tata Boga bersama dengan dosen pengasuh mata kuliah tersebut untuk memperkuat motivasi dalam berwirausaha serta cara-cara atau kiat-kiat untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam berwirausaha yang dialami oleh mahasiswa, dengan menghadirkan pakar-pakar entrepreneur yang telah sukses dalam berwirausaha dibidang boga baik tingkat daerah, Nasional dan Internasional, serta sering melibatkan mahasiswa dalam studi banding maupun kegiatan yang menyangkut pariwisata untuk meningkatkan motivasi dan mengembangkan wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam berwirausaha setelah lulus dari Program Studi PVKK Konsentrasi Tata Boga FKIP Universitas Syiah Kuala.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI DAN PROGRAM STUDIPKK FKIP UNSYIAH (LISNAWATI, 2016)

PENGARUH NILAI MATA KULIAH PEMIKIRAN SAINS DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH (RIKA MULIA, 2018)

JIWA BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN VOKASIONAL KESEJAHTERAAN KELUARGA (PVKK) FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) UNSYIAH (Ridho Fatwa, 2018)

PENGARUH PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA KOPERASI DI KOTA BANDA ACEH (Sitti Aisyah, 2018)

MOTIVASI BERWIRAUSAHA DIKALANGAN SISWA MELALUI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN (STUDI KASUS SISWA SMKN 2 ACEH BARAT DAYA) (NIA APRILLIA DARMA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy