//

PEMBERIAN LIMBAH KOPI, EM-4 DAN MIKORIZA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TANAH DAN PERTUMBUHAN BIBIT KOPI ARABIKA GAYO-1 (COFFEA ARABICA L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DJODI HARCU SANTOSO - Personal Name
SubjectSEEDS
COFFEE
SOILS - AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Bibit tanaman kopi yang berkualitas merupakan faktor yang sangat berperan dalam mensukseskan program peremajaan perkebunan kopi rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemberian limbah kopi, EM-4 dan mikoriza serta interaksi antara limbah kopi, EM-4 dan mikoriza terhadap kualitas tanah dan pertumbuhan bibit kopi arabika Gayo-1 di Aceh Tengah. Percobaan dilakukan di lapangan dengan pola Rancangan Acak Kelompok yang terdiri dari 3 faktor perlakuan yaitu pemberian limbah kopi (0 dan 0,67 kg/polibag), EM-4 (0; 10 dan 20 ml/liter air) dan mikoriza (0; 10 dan 20 g/polibag). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian limbah kopi, EM-4 dan mikoriza dapat memperbaiki kualitas tanah pada media pembibitan yang ditunjukkan oleh meningkatnya pH tanah, N-total, K-dd, Ca-dd, Mg-dd, KTK dan total mikroorganisme tanah serta memperbaiki kualitas dan meningkatkan pertumbuhan bibit kopi arabika Gayo-1. Pemberian limbah kopi, EM-4 dan mikoriza pada media pembibitan memberikan pengaruh interaksi terhadap peningkatan beberapa sifat kimia tanah dan total mikroorganisme tanah serta pertumbuhan bibit kopi arabika Gayo-1. Kombinasi pemberian limbah kopi, EM-4 dan mikoriza yang memberikan pengaruh terbaik terhadap sifat-sifat kimia tanah diperoleh pada pemberian limbah kopi, EM-4 20 ml/liter air dan mikoriza 20 g/polibag (L1E2M2) serta pertumbuhan bibit kopi diperoleh pada pemberian limbah kopi, EM-4 10 ml/liter air dan mikoriza 10 g/polibag (L1E1M1). Kata Kunci : limbah kopi, EM-4, mikoriza, kualitas tanah, bibit kopi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DAN DAUN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Sulastri Oktarin, 2018)

VARIASI PEMBERIAN KONSENTRASI SAMPAH KULIT KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) TERHADAP PERTUMBUHAN DAPHNIA SP. (Rizkan Fahmi, 2015)

ANALISIS PERMINTAAN KOPI ARABIKA ROASTING (SANGRAI) DI KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BENER MERIAH (Rauzatul Jannah, 2017)

KAJIAN KESESUAIAN LAHAN DAN PENGEMBANGAN KOPI ARABIKA RAKYAT DI KABUPATEN GAYO LUES. (RAICHAN IZZATI, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN AIR LERI TERHADAP PERKECAMBAHAN BIJI KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA L.) (Istiqamah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy