//

IDENTIFIKASI POLA SEBARAN DAN PERHITUNGAN PERIODE ULANG GEMPA BUMI DI WILAYAH SESAR TRIPA PROVINSI ACEH MENGGUNAKAN DISTRIBUSI WEIBULL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ERNI LUSIANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Provinsi Aceh berada di bagian utara Pulau Sumatra, secara astronomis terletak pada 2,0– 6,0LU dan 92,0– 98,0BT. Posisi Aceh bertepatan dengan zona patahan sepanjang Bukit Barisan yang disebut Sesar Sumatra. Sesar Tripa ditandai dengan daerah pegunungan dan lintasan sungai Kuala Tripa dan Sungai Meureubo sepanjang 180 km. Sesar Tripa dikategorikan sebagai sesar aktif ditandai dengan terjadinya beberapa gempa bumi berkekuatan merusak di wilayah tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak negatif yang disebabkan karena bencana gempa bumi adalah melakukan prediksi dengan pendekatan probabilistik terhadap kejadian gempa bumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antar kejadian gempa bumi dan prediksi periode ulang gempa bumi menggunakan distrisbusi Weibull di wilayah Sesar Tripa Provinsi Aceh. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa parameter kejadian gempa bumi di wilayah Sesar Tripa dari tahun 1990-2017. Data lama waktu tunggu kejadian gempa bumi diketahui mengikuti distribusi Weibull. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat autokorelasi spasial secara global antar magnitudo kejadian gempa bumi di wilayah sekitar Sesar Tripa Provinsi Aceh dengan pola magnitudo gempa bumi yang bersifat menyebar. Periode ulang gempa bumi untuk Wilayah I, Wilayah II dan Wilayah III menunjukkan bahwa gempa bumi selanjutnya akan terjadi kembali di masing-masing wilayah tersebut yaitu selama 59 hari, 157 hari, dan 91 hari.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENENTUAN MODEL KECEPATAN LOKAL 1-D DAN RELOKASI GEMPA SUSULAN PIDIE JAYA 2016 UNTUK MEMPELAJARI SESAR PIDIE JAYA (NANI AMEL LIA, 2017)

ANALISIS STATISTIK SEISMISITAS WILAYAH SUMATERA (TAHUN 1914 - 2014) (WARNI ASNITA, 2015)

ANALISA TINGGI GELOMBANG EKSTRIM DALAM BERBAGAI PERIODE ULANG UNTUK MENDUKUNG PERENCANAAN PERLINDUNGAN PANTAI UTARA PROVINSI ACEH (Zarra Hanzura, 2017)

KAJIAN SEISMISITAS DAN PERIODE ULANG GEMPA BUMI DI ACEH (Rahmad Tauladani, 2015)

KAJIAN GEMPA SUSULAN PIDIE JAYA MENGGUNAKAN DATA DARI JARINGAN SEISMIK LOKAL DAN REGIONAL SERTA MODEL KECEPATAN LOKAL (Nurliza Masyitah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy