//

INDEKS ENTOMOLOGI LARVA NYAMUK AEDES SPP. SEBAGAI VEKTOR PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI GAMPONG RUKOH KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nanda Faisal Ihsan - Personal Name

Abstrak/Catatan

INDEKS ENTOMOLOGI LARVA NYAMUK Aedes spp. SEBAGAI VEKTOR PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI GAMPONG RUKOH KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiko tertularnya penyakit demam berdarah dengue (DBD) berdasarkan nilai indeks larva nyamuk Aedes spp. dengan parameter House Index (HI), Container Index (CI), dan Breteau Index (BI) di Gampong Rukoh, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metode Single Larva. Metode Single Larva merupakan metode yang digunakan untuk mengambil satu ekor larva Aedes pada setiap kontainer yang ditemukan larva dan diamati secara visual. Jumlah rumah yang diperiksa terdiri dari 125 rumah yang dipilih secara acak dari 5 dusun di Gampong Rukoh. Data larva diperoleh dari berbagai jenis kontainer yang kemudian ditabulasikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 125 rumah yang diperiksa ditemukan, 351 kontainer yang berisi air. Jumlah rumah yang ditemukan larva sebanyak 24 rumah dan jumlah kontainer positif mengandung larva ditemukan sebanyak 24 kontainer diantaranya yaitu, 11 bak mandi, 5 penampung air dispenser, 3 ember, 1 jerigen, 1 tong sampah, 1 pot bunga bekas, 1 drum, dan 1 timba. Kemudian didapatkan nilai indeks larva dengan House Index senilai 19,20% dengan katerogi resiko tinggi, Container Index senilai 6,84% dengan kategori rendah, dan Breteau Index senilai 19,20% dengan kategori rendah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa resiko tertularnya penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Gampong Rukoh berada dalam kategori rendah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINDAKAN MASYARAKAT DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)DI GAMPONG RUKOH KECAMATAN SYIAH KUALA (Ernarita, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP TINDAKAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN BAITURRAHMAN (Azka Muda Adri, 2016)

IDENTIFIKASI DAN DISTRIBUSI NYAMUK AEDES VEKTOR PENYEBAB DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI DALAM KAMPUS UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SITI PRAWITASARI BR, 2017)

UJI LARVASIDA EKSTRAK ETANOL BUNGA TEMBELEKAN (LANTANA CAMARA LINN.) TERHADAP LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI L. INSTAR III (Nuriah, 2015)

UJI LARVASIDA EKSTRAK METANOL DAUN ZODIA (EVODIA SUAVEOLEN SCHEFF) TERHADAP LARVA AEDES AEGYPTI INSTAR III (Muhammad Satria, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy