//

PENGARUH VARIASI KOMPOSISI PREKURSOR TERHADAP KARAKTERISTIK LAPISAN TIPIS BIFEO3 YANG DIDEPOSISI MENGGUNAKAN METODE SOL GEL DIP COATING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Umi Dawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh variasi komposisi prekursor terhadap karakteristik lapisan tipis BiFeO3 yang dideposisi menggunakan metode sol-gel dip coating. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan lapisan tipis BiFeO3 dengan menggunakan metode sol-gel dip coating dan menganalisa pengaruh komposisi bahan terhadap karakteristik lapisan tipis BiFeO3 yang dihasilkan. Lapisan tipis BiFeO3 dideposisi menggunakan serbuk Bismuth Ferric (BiFeO3) dengan perbandingan 1:1, 2:1, dan 3:1 yang dilarutkan dengan asam asetat. Kemudian larutan diaduk menggunakan magnetic stirrer selama 60 menit. Proses deposisi dilakukan dengan mencelupkan substrat kaca ke dalam larutan BiFeO3 dengan kecepatan 1,5 cm/detik. Proses annealing berlangsung 60 menit dengan temperatur konstan sebesar 600ºC. Lapisan tipis BiFeO3 yang dihasilkan dikarakterisasi menggunakan XRD, AFM, EDS, SEM dan UV-Vis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BiFeO3 memiliki struktur amorf. Komposisi prekuror berpengaruh terhadap ukuran butir kristal. Ukuran butir kristal lapisan tipis BiFeO3 pada sampel 1:1 dan 3:1 berkisar 15,9 dan 69,3 nm. Hasil dari uji AFM dengan meningkatnya konsentrasi Bi menunjukkan morfologi permukaan lapisan tipis BiFeO3 semakin kasar. Hasil SEM EDS morfologi permukaan pada sampel rata dan ketebalan lapisan tipis BiFeO3 pada sampel 1:1, 2:1,3:1 berkisar antara 32,60 dan 90 µm. Dari hasil UV-Vis nilai koefisien absorpsi dengan panjang gelombang 300-400 nm. Celah pita optik lapisan tipis BiFeO3 berkisar antara 3,65-3,63 eV. Kata kunci : Lapisan tipis BiFeO3, Struktur kristal, Kekasaran, Koefisien absopsi, Band gap optik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH VARIASI TEMPERATUR ANNEALING TERHADAP KARAKTERISTIK LAPISAN TIPIS BIFEO3 DENGAN TEKNIK SOL GEL SPIN COATING (MEYRI MISNA, 2018)

KARAKTERISASI LAPISAN TIPIS TITANIUM OKSIDA (TIO2)DENGAN VARIASI TEMPERATUR PEMANASAN (ANIL) MENGGUNAKAN METODE SOL-GEL SPIN COATING (Maulizar, 2015)

KARAKTERISASI LAPISAN TIPIS TIO2 YANG DIPREPARASI MENGGUNAKAN METODE SOL-GEL DIP COATING DENGAN VARIASI WAKTU TAHAN ANIL (yenni veronika, 2016)

SINTESA DAN FABRIKASI LAPISAN TIPIS SIO2 DARI ABU SEKAM PADI DENGAN METODE SOL-GEL (GEMIATIK, 2015)

ANALISA STRUKTUR LAPISAN TIPIS BA0.5 SR0.5 TIO3 (BST) YANG DISENTESA DENGAN METODE SOL GEL (Intan Purnamasari, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy