//

ANALISA PENJADWALAN PEMBEBANAN PADA UNIT PEMBANGKIT MENGGUNAKAN METODE PRIORITY-LIST

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nyimas Putri Pertiwi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Suatu pengoperasian sistem tenaga listrik yang optimal diperlukan terutama pada sisi pembangkitan agar memperoleh biaya pembangkitan yang optimum dan ekonomis. Pengoperasian sistem tenaga listrik dipengaruhi oleh penjadwalan pembebanan pada unit-unit pembangkit, sehingga diperlukan analisis penjadwalan pembebanan pada unit pembangkit. Sebelumnya telah dilakukan penelitian penjadwalan dengan menggunakan metode iterasi lamda yang menawarkan solusi berupa perhitungan biaya bahan bakar tanpa melakukan konfigurasi penjadwalan pada pembangkit. Pada penelitian ini metode Priority-List digunakan sebagai penyelesaian permasalahan penjadwalan pembangkit, yang memberikan solusi baik perhitungan biaya bahan bakar maupun konfigurasi penjadwalan pembangkit. Kelebihan metode Priority-List yaitu memiliki konsep yang sederhana dan mudah diimplementasikan, serta tidak banyak parameter yang dibutuhkan jika dibandingkan dengan algoritma matematika lainnya. Berdasarkan perhitungan laju pertambahan biaya bahan bakar didapatkan pembangkit dengan prioritas utama adalah unit pembangkit 3 yaitu Sulzer 1. Metode daftar prioritas dalam menyelesaikan permasalahan unit commitment memberikan total biaya yang lebih ekonomis. Total biaya yang dihasilkan dengan melakukan penjadwalan dengan daftar prioritas sebesar Rp.232.071.626, sedangkan sebelum dilakukan penjadwalan dengan metode daftar prioritas biaya yang dihasilkan sebesar Rp. 234.594.350 sehingga terdapat penghematan sebesar Rp.2.522.724.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMASI PENJADWALAN OPERASI PLTD PADA PT. PLN (PERSERO) SEKTOR NAGAN RAYA PUSAT LISTRIK LUENG BATA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITERASI LAMDA (dani novandi, 2016)

KAJIAN TERHADAP OPTIMASI SISTEM PLTU NAGAN RAYA DENGAN MENGGUNAKAN FEEDWATER HEATER (REZA ANDIKA MAYANA, 2018)

PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENJAWALAN SEMINAR DAN SIDANG DI PROGRAM STUDI MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS SYIAH KUALA NOTIFIKASI MELALUI SMS GATEWAY (ALFIA RAHMI, 2017)

OPTIMASI PENJADWALAN PERAWAT MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS: RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN) (NURUL ALFADILLA, 2018)

IDENTIFIKASI DAN MINIMASI TIME WASTE DENGAN PENDEKATAN VALUE STREAM MAPPING DAN OPTIMASI PENJADWALAN MESIN MENGGUNAKAN METODE CDS PADA PROSES PRODUKSI DINING CHAIR (STUDI KASUS : PT.MUTIARA JAYA, ACEH BESAR) (T Meurah Jaril Hilmi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy