//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK DALAM MENUNTASKAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PELESTARIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS VII SMPN 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jennifer Lukman Tanjung - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
INVESTIGATION GROUP
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: investigasi kelompok, ketuntasan, pelestarian keanekaragaman hayati Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok dalam Menuntaskan Belajar Siswa pada Materi Pelestarian Keanekaragaman Hayati di Kelas VII SMPN 8 Banda Aceh” telah dilaksanakan pada tanggal 24 Mei sampai dengan 2 Juni 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok pada materi pelestarian keanekaragaman hayati di kelas VII SMPN 8 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Banda Aceh yang terdiri dari 7 kelas, dan yang dipilih menjadi kelas sampel adalah kelas VII-3 sebagai kelas kontrol, dan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok, masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes (pre-test dan post-test). Pengolahan data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan, ketuntasan belajar siswa pada materi pelestarian keanekaragaman hayati secara klasikal pada kelas eksperimen adalah 91.7%, sedangkan pada kelas kontrol hanya 41.7% dari jumlah siswa telah mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) > 65. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran investigasi kelompok pada materi pelestarian keanekaragaman hayati dapat menuntaskan belajar siswa kelas VII SMPN 8 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (RISA ARWINA, 2014)

PENGARUH PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Kamalia Riska, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Yustia Sari, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATIONRNPADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KERAGAMANRNSOSIAL BUDAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWARNKELAS IV SDN 1 JAYA ACEH JAYA (Risa soraya, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABARRN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (maisarah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy