//

HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN GANGGUAN TIDUR PADA PASIEN THALASEMIA ANAK DI RSUDZA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALVIN DZAKY NURHADY - Personal Name

Abstrak/Catatan

Talasemia merupakan kumpulan kelainan hematologis yang diturunkan secara autosomal resesif. Penyebab terjadinya talasemia adalah karena adanya gangguan sintesis rantai hemoglobin alfa (α) atau beta (β) sehingga menyebabkan terganggunya proses eritropoiesis serta hemolisis. Prevalensi talasemia di Indonesia adalah 1,5 setiap 1.000 penduduk, dimana Provinsi Aceh memiliki prevalensi tertinggi, yakni mencapai 13,4 persen. Rendahnya kadar hemoglobin pada pasien talasemia dapat mempengaruhi kualitas tidur sehingga dapat mengakibatkan gangguan tidur. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kadar hemoglobin dengan gangguan tidur pada pasien talasemia anak. Penelitian dilakukan pada pasien talasemia anak di Ruang Thursina 1 (Ruang Kemoterapi Anak dan Talasemia) Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin, Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode accidental sampling. Penelitian dilakukan selama satu bulan pada bulan Februari sampai Maret 2018 dengan 32 subjek penelitian. Penilaian gangguan tidur pada subjek penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner Children Sleep Habits Questionnaire (CSHQ) yang sudah dimodifikasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson dengan hasil p-value 0,000 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI TERHADAP PERKEMBANGAN SEKS SEKUNDER PADA ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMIA RSUDZA BANDA ACEH (Fahmiati Arifna, 2017)

HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN KEJANG DEMAM PADA ANAK USIA BALITA (Yulia Dasmayanti, 2014)

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP PENDERITA THALASSEMIA ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH (Dara Purnamasari, 2015)

HUBUNGAN PENURUNAN KADAR HEMOGLOBIN DENGAN KUALITAS TIDUR BURUK PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (NISA UL HASANAH, 2017)

HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI DENGAN PERTUMBUHAN LINIER ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMIA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FANINA RIZKIA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy