//

DESAIN DAN ANALISIS SEBUAH TRANSDUSER GAYA SEBAGAI SENSOR PENGUKURAN GAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maal Abrar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Transduser adalah sebuah alat yang mengubah satu bentuk daya menjadi bentuk daya lainnya untuk berbagai tujuan termasuk pengubahan ukuran atau informasi, transduser sama dengan sensor yang merupakan peralatan yang mampu mendeteksi perubahan besaran fisika. Penelitian ini mengkaji tentang distribusi tegangan dan regangan secara matematis atau teoritis dan secara metode elemen hingga dengan beban statis. Pada transduser ini bertujuan mencari nilai sensitivitas dan mencari kekuatan dari sifat mekanik material dengan membandingkan nilai hasil FEM dengan perhitungan matematis dan kalibrasi pada 2 sumbu sekaligus. Analisa tegangan dan regangan dengan kondisi pembebanan bertahap dari 10 N hingga 100 N. Hasil FEM juga dibandingkan dengan hasil yang didapat pada pengukuran kalibrasi, sehingga hasil yang diperoleh berdasarkan pengujian kalibrasi menggunakan strain gauge pada 10 sampel pengukuran regangan untuk kondisi pembebanan, dan didapat hasil tersebut sangat mendekati. Sedangkan hasil simulasi menggunakan FEM dengan distribusi tegangan maksimum sebesar 222,53 MPa dengan pembebanan yang diberikan sebesar 2090 N. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tegangan dan regangan yang terjadi masih dibawah kekuatan luluh dari sifat mekanik material sebesar 343 MPa dan dapat dinyatakan transduser octagonal ring ini tidak melebihi nilai batas gaya maksimum yang diizinkan sebesar 228 MPa pada perhitungan matematis. Kata Kunci: Transduser Octagonal Ring, Analisa Tegangan dan Regangan, Sensitivitas, Metode Elemen Hingga.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESAIN DAN ANALISIS SEBUAH TRANSDUSER GAYA SEBAGAI SENSOR PENGUKURAN GAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. (Maal Abrar, 2018)

PERBANDINGAN ANALISIS PORTAL GABLE BAJA MENGGUNAKAN MEOTDE PANJANG EFEKTIF DAN METODE ANALISIS LANGSUNG (Syari Putri Winda N, 2017)

ANALISIS GAYA BAHASA DALAM PERIBAHASA GAYO (Reduk Mawati, 2017)

RANCANG BANGUN SISTEM PENGUMPULAN DAN PENGIRIMAN DATA BACAAN SENSOR AKSELEROMETER JEMBATAN BERBASIS ARDUINO (Syahrul Azmi, 2015)

ANALISIS GAYA BAHASA DALAM MELENGKANPADA ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT GAYO ACEH TENGAH (Anggun Hayati Rahman , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy