//

PENGARUH PENAMBAHAN MAGNESIUM (MG) TERHADAP KARAKTERISTIK FOTOELEKTRODA MGTIO3 UNTUK APLIKASI DYE SENSITIZED SOLAR CELL (DSSC)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Viza Yuniar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian pengaruh penambahan magnesium (Mg) terhadap karakteristik fotoelektroda MgTiO3 untuk aplikasi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC). Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh variasi konsentrasi Mg terhadap karakteristik fotoelektroda MgTiO3. Lapisan MgTiO3 dipreparasi dengan konsentrasi MgO sebanyak 0% (sampel A), 10% (sampel B), 15% (sampel C) dan 20% (sampel D) dari konsentrasi TiO2. Pencampuran TiO2 dan MgO dimilling selama 30 menit dengan kecepatan 200 rpm. Kemudian ditambahkan 40 mL metanol dan diaduk selama 30 menit. Selanjutnya ditambahkan 20 mL aquades serta 7 tetes HCL, diaduk selama 30 menit. Komposit disimpan selama 72 jam sampai membentuk gel. Gel dideposisi pada kaca preparat dengan ukuran 2x2 cm dan difurnace pada suhu 400oC selama 2 jam. Kemudian komposit MgTiO3 dikarakterisasi menggunakan XRD, SEM-EDS, dan spektrometer UV-Vis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbentuk tiga fasa didalam sampel yaitu TiO2, MgO dan MgTiO3. Persen atomik Ti semakin sedikit pada komposisi Mg yang semakin banyak. Ukuran kristal terkecil dihasilkan dari sampel B yaitu 50,67 nm untuk senyawa TiO2, 60,99 nm untuk senyawa MgO dan 51,73 nm untuk senyawa MgTiO3. Lebar bandgap terkecil juga dihasilkan dari sampel B yaitu 3,28 eV. Nilai transmitansi terkecil (5% - 30%) dan kemampuan penyerapan cahaya matahari terbesar (30000 cm-1 – 75000 cm-1) diperoleh dari sampel B. Berdasarkan karakteristik dari sampel tersebut dapat disimpulkan bahwa sampel B dengan komposisi Mg 10% lebih bersifat fotoaktif dibandingkan dengan sampel A, C dan D. Kata Kunci : Magnesium (Mg), TiO2, komposit MgTiO3, fotoelektroda, DSSC dan lebar bandgap.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN ENERGI SURYA UNTUK DAYA-DAYA TERPAKAI (RIZKI WISUDA ARIF, 2015)

ANALISIS TINGKAT KEKERASAN HASIL CORAN MAGNESIUM PADUAN DENGAN PENAMBAHAN UNSUR LOGAM (Zahrul Fuadi, 2015)

PENGARUH CARA PENAMBAHAN DAN PROPORSI BATUAN MAGNESIT TERHADAP MUTU BOKASI (uwisqarni, 2014)

PEMBUATAN KOMPOSIT PUPUK UREA-MAGNESIUM SLOW RELEASE ABU SEKAM PADI-LATEKS TERSALUT KITOSAN (Rauzaton Wardani, 2018)

PEMBUATAN PUPUK SLOW RELEASE MENGANDUNG ION MAGNESIUM MENGGUNAKAN MATRIKS ABU SEKAM PADI DENGAN PEREKAT GETAH KARET (HAVEA BRASILIENSIS) (Rosi Hasriyanti, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy