//

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DALAM BIDANG RADIOLOGI DI RSGM UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MIFTAHUL JANNAH E - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Miftahul Jannah Erhasy Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Judul : Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasiendalam Bidang Radiologi di RSGM Unsyiah Dental radiografi merupakan salah satu bagian dari radiologi kedokteran gigi yang bertujuan untuk melihat manifestasi oral di rongga mulut yang tidak dapat dilihat secara klinis. Dental radiografi juga memiliki peran penting untuk membantu menegakkan diagnosis, menentukan rencana perawatan, serta dapat mengevaluasi perawatan dan hasil perawatan. Unit radiologi yang melayani dental radiografi ini merupakan salah satu unit yang terdapat di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). RSGM Unsyiah merupakan rumah sakit pendidikan yang menjadi pusat rujukan untuk penanganan penyakit gigi dan mulut di Provinsi Aceh khususnya pelayanan foto radiografi. Kualitas pelayanan kesehatan terkait erat dengan kepuasan pasien baik secara medis maupun non medis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dalam bidang radiologi di RSGM Unsyiah. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik. Pengambilan subjek menggunakan metode purposive sampling dan sesuai dengan kriteria inklusi. Pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuisioner kepada subjek penelitian yang telah diberi informed consent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dalam bidang radiologi di RSGM Unsyiah. Subjek penelitian sebanyak 63 orang. Kualitas pelayanan didominasi oleh kategori baik sebanyak 32 orang (50,8%), dan kepuasan didominasi oleh kategori puas sebanyak 32 orang (50,8%). Berdasarkan hail uji chi-square menunjukan nilai p= 0,000 < α 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Kata Kunci : Dental radiografi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN RADIOLOGI TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 2015 (Muhammad Rizaldi, 2016)

PENGARUH PERCEIVED QUALITY PASIEN TERHADAP MINAT PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) FAKULTAS KEDOKTERANG GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Larena Yudisa Putri, 2016)

TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI RSUD MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Alfisyahrin Kamil, 2017)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Melly Afriyati, 2015)

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POLI KLINIK SUB SPESIALIS BEDAH TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Suriani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy