//

STATUS GIZI MALNUTRISI ANAK BALITA DARI IBU BERPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI TK NANGGROE GAMPONG MEUNASAH JURONG KABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SHARA HIDAYATUL MAQFIRAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Magfirah, Shara Hidayatul,. 2018. Status Gizi Malnutrisi Anak Balita dari Ibu Berpendidikan Sekolah Dasar di TK Nanggroe Gampong Meunasah Jurong Kabupaten Pidie Jaya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Laili Suhairi, S.Pd, M.Si (2) Rahmi, S.Pd.I, M.Ed Kata Kunci: status gizi, malnutrisi, anak balita. Usia balita adalah usia anak di sekolah TK yang pada usia tersebut anak sangat aktif dalam bermain. Latar pendidikan orangtua yang rendah merupakan faktor yang berpengaruh pada status gizi anak. Pengetahuan orangtua tentang status gizi sangat berpengaruh pada tingkat malnutrisi anak. Ada beberapa anak yang memiliki status gizi malnutrisi baik itu gizi lebih maupun kurang dan malnutrisi yang tampak pada balita di TK Nanggroe tersebut adalah tinggi badan anak tidak sesuai dengan berat badan dan tinggi badan tidak sesuai dengan usia anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan orangtua dengan status gizi malnutrisi balita di TK Nanggroe Gampong Meunasah Jurong Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini tergolong dalam penelitan deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak balita yang mengalami manutrisi dan orangtua dari balita yang mengalami malnutrisi. Hasil dari penelitain ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan orangtua yang rendah sangat berpengaruh pada konsumsi keluarga sehari-hari, ada dari salah satu orangtua anak yang tidak mengetahui bahwa anaknya mengalami permasalahan akan gizi lebih yaitu pada SP.3. Selanjutnya 4 dari 5 subjek penelitian tidak mengetahui tentang status gizi malnutrisi, dan 3 dari 5 subjek tidak terlalu membatasi makanan yang berbahaya bagi kesehatan anak yaitu dengan membiarkan anaknya makan jajanan, mengkonsumsi mie. Disimpulkan bahwa adanya hubungan tingkat pendidikan orangtua dengan status gizi malnutrisi balita di TK Nanggroe Gampong Meunasah Jurong Kabupaten Pidie Jaya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGETAHUAN GIZI IBU TENTANG POLA MAKAN TERHADAP STATUS GIZI BALITA DI DESA MEUNASAH MANYANG KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Maqfirah, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU-IBU YANG MEMPUNYAI BALITA TENTANG PROGRAM POSYANDU DENGAN STATUS GIZI BALITA DIKECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE (Cut Nafitri, 2015)

TANGGAPAN DAN SIKAP IBU RUMAH TANGGA DALAM PEMBINAAN KESEHATAN ANAK BALITA DI GAMPONG KULAM KECAMATAN MEURAH DUARN KABUPATEN PIDIE JAYA (rahmayani, 2014)

PENGARUH DIARE TERHADAP MALNUTRISI PADA BALITA DI PUSKESMAS BATOH TAHUN 2015 (Mustaqiem Isda, 2016)

PENGARUH FAKTOR SOSIAL BUDAYA DAN ASUPAN MAKANAN TERHADAP GIZI KURANG PADA BALITA DI GAMPONG COT LAWEUENG KECAMATAN MUARAT TIGA KABUPATEN PIDIE (KHAIRIAH, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy