//

IDENTIFIKASI ZONA LEMAH (WEAK ZONE) MENGGUNAKAN METODE SEISMIK REFRAKSI PADA AREA MANIFESTASI PANAS BUMI IE JUE SEULAWAH AGAM ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DHINAR WAHYUNI - Personal Name

Abstrak/Catatan

Metode seismik refraksi telah digunakan pada daerah manifestasi Ie Jue, Kawasan Gunung Api Seulawah Agam, Seulimuem, Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan zona lemah (weak zone) berdasarkan nilai cepat rambat gelombang P yang diperoleh melalui proses akuisisi data menggunakan metode seismik refraksi, pengolahan data dan interpretasi data. Pengambilan data penelitian dilakukan pada empat lintasan pengukuran yang berada di sekitar area manifestasi panas bumi Ie Jue. Tiap-tiap lintasan menggunakan 24 buah geophone dengan jarak antar geophone yang digunakan adalah tiga meter. Posisi offset diatur pada jarak 30 – 35 meter sehingga total panjang bentangan tiap-tiap lintasan adalah 138 meter. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan peralatan Seismograf PASI 16S-24P. Data yang dihasilkan dari alat kemudian dianalisis dengan menggunakan ZONDST2D dilanjutkan dengan perhitungan kedalaman lapisan batuan dengan menggunakan metode Tomografi Seismik Refraksi hingga dihasilkan profil kecepatan 2D bawah permukaan tiap-tiap lintasan pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya zona lemah pada lintasan 2 dan lintasan 3 yang diduga sebagai zona rekahan yang dimana merupakan jalur tempat keluarnya manifestasi ke permukaan. Berdasarkan hasil interpretasi profil kecepatan 2D lokasi penelitian, struktur bawah permukaan yang teridentifikasi pada lintasan 1 dan lintasan 4 terdiri dari 3 litologi yaitu pada lapisan pertama diidentifikasikan sebagai tanah permukaan dengan nilai kecepatan gelombang P berkisar antara 0,2 km/s – 1,2 km/s pada kedalaman 0 – 7 meter, lapisan kedua diidentifikasikan sebagai lempung dengan nilai kecepatan gelombang P berkisar antara 1,4 km/s – 2,4 km/s pada kedalaman 5 – 23 meter dan lapisan ketiga diidentifikasikan sebagai batupasir dengan nilai kecepatan gelombang P lebih dari 3 km/s pada kedalaman 20 meter ke bawah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN GEOKIMIA AIR PANAS BUMI MANIFESTASI IE- JUE DAERAH UPFLOW LAMTEUBA SEULAWAH-AGAM, ACEH BESAR (Muksin Alatas, 2017)

KAJIAN GEOKIMIA AIR PANAS BUMI MANIFESTASI IE SEU’UM DAERAH OUTFLOW SEULAWAH AGAM, ACEH BESAR (Subhan, 2017)

ANALISIS KEBERADAAN SESAR PADA KAWASAN PANAS BUMI IE JUE MENGGUNAKAN METIDE GEOLISTRIK INDUKSI POLARISASI (IP) DAN RESISTIVITAS (Syafrizal, 2018)

PENYELIDIKAN GEOKIMIA PANAS BUMI MANIFESTASI KAWAH VAN-HEUTZ DAERAH UPFLOW SEULAWAH AGAM, ACEH BESAR (AULIA, 2019)

STUDI GEOKIMIA MANIFESTASI AIR PANAS BUMI DAN ISOTOP ZONA UTARA SEULAWAH AGAM, ACEH BESAR (Muhammad Yusuf, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy