//

STUDI POTENSI PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID (SURYA-BAYU) DI BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. Syaufi Hayu - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat menyebabkan kondisi listrik di Indonesia semakin lama akan memerlukan listrik yang lebih besar untuk memenuhi permintaan konsumen dan untuk menghindari pemadaman bergilir. Tugas akhir ini membahas tentang potensi pembangunan pembangkit listrik tenaga hybrid (surya-bayu) di Banda Aceh. Dua tipe simulasi akan dilakukan dalam studi ini. Pertama: simulasi intensitas matahari menggunakan variabel-variabel cuaca yang berdampak pada intensitas matahari yang di dapat pada hari tersebut, kedua: simulasi kecepatan angin yang dapat memutar turbin menggunakan variabel-variabel cuaca yang berpengaruh terhadap kecepatan angin. Kedua tipe simulasi dilakukan dengan menggunakan metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Metode simulasi yang dikembangkan dalam studi ini untuk menjadi acuan perencanaan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (Surya-Bayu) di Banda Aceh. Pada penelitian ini dihasilkan data potensi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (Surya-Bayu) di Banda Aceh, untuk potensi energi surya di Banda Aceh adalah berpotensi baik, sedangkan energi angin di Banda Aceh juga berpotensi, namun masih kurang karena kecepatan angin rata-rata di Banda Aceh terbilang masih rendah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PRAKIRAAN BEBAN DAN POTENSI PEMANFAATAN PV UNTUK MENGURANGI BEBAN PUNCAK DI PENYULANG UNSYIAH MENGGUNAKAN ANN (Muhammad Ridha Munawar, 2017)

STUDI KELAYAKAN ENERGI MATAHARI SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) DI PULAU WEH SABANG (Sadam Husin, 2017)

RANCANGAN SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA UNTUK POMPA AIR IRIGASI (Mukhtar Riyandri Tarigan, 2019)

APLIKASI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA PADA SMART TRAFFIC LIGHT (NOVRYANZA FAZLUR HAKIM, 2013)

PENGUKURAN UNJUK KERJA SISTEM POMPA AIR TENAGA SURYA (Arif Yaddin, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy