//

ISOLASI BAKTERI SALMONELLA SP DARI FESES SAPI ACEH DI PUSAT PEMBIBITAN, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT IUSMA MUZADIN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ISOLASI BAKTERI Salmonella sp DARI FESES SAPI ACEH DI PUSAT PEMBIBITAN, ACEH BESAR ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengisolasi bakteri Salmonella sp dari feses sapi aceh di Pusat Pembibitan, Aceh Besar. Sejumlah 10 ekor sapi diambil sampel fesesnya, selanjutnya dilakukan isolasi bakteri Salmonella sp menggunakan metode Carter, Isolasi Salmonella sp dilakukan dengan menginokulasi feses sapi yang di ambil menggunakan swab steril pada media Salenite Cystein Broth (SCB). Selanjutnya dilakukan penanaman pada media selektif Salmonella Shigella Agar (SSA) dan diamati morfologi koloni. Lalu dilanjutkan pengamatan secara mikroskopis dengan Pewarnaan Gram. Kemudian koloni yang dicurigai bakteri Salmonella sp dilakukan uji Biokimia (Indol, MR-VP, SIM, Simmons Citrate, TSIA) serta uji gula-gula, yang terdiri dari (glukosa, sukrosa, laktosa dan manitol). Hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Hasil pemeriksaan dari total 10 sampel dapat diisolasi positif Salmonella sp pada 2 sampel.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ENTERIK PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE ACEH BESAR (Fadli Amri, 2017)

ISOLASI BAKTERI SHIGELLA SP DARI FESES SAPI ACEH DI BPTU-HPT INDRAPURI (MUHAMMAD ZAKWAN, 2018)

IDENTIFIKASI JENIS CACING YANG MENGINFESTASI SAPI ACEH YANG ADA DI PUSAT PEMBIBITAN SAPI ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR (BAYU A. P. KELIAT, 2018)

UJI RESISTENSI SALMONELLA SP YANG DIISOLASI DARI AIR DI LINGKUNGAN KANDANG TERNAK SAPI ACEH (FITRI WULAN SARI, 2019)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI GENUS SALMONELLA DAN SHIGELLA DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI PUSAT REINTRODUKSI ORANGUTAN, JANTHO (Dina Agustina, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy