//

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII MTSN LHOKNGA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Intan Benazir - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TAI TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Efektivitas, Kooperatif Tipe TAI, Bangun datar Efektivitas merupakan suatu ukuran yang menyatakan seberapa besar tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dapat tercapai. Tercapainya keefektifan pembelajaran matematika didasarkan jika paling sedikit tiga aspek dari empat aspek terpenuhi yaitu ketuntasan belajar, kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktifitas siswa dan respon siswa. Kurang terlibatnya siswa dalam pembelajaran akan mempengaruhi ketuntasan belajar. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran untuk mengatasinya dengan penerapan model kooperatif tipe TAI pada materi bangun datar. Berdasarkan hal tersebut maka diadakan penelitian dengan judul ”Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi bangun datar di kelas VII MTsN Lhoknga Aceh Besar”. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi bangun datar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Lhoknga Aceh Besar, sedangkan sampel kelas VIIA MTsN Lhoknga Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan eksperimen dan pre-eksperimental design jenis one shot case study. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi kemampuan guru, observasi aktifitas siswa dan angket respon siswa. Pengolahan data kuantitatif dengan menggunakan uji-t pihak kiri, dengan taraf signifikan α=0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 2. Karena x_hitung^2 - ttabel, maka H0 diterima. Maka dapat disimpulkan “Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi bangun datar di kelas VII MTsN Lhoknga Aceh Besar sudah tercapai”. Pengolahan data kualitatif yaitu kemampuan guru mengelola pembelajaran baik, aktivitas siswa belum efektif serta respon siswa bernilai positif. Kriteria-kriteria efektivitas pembelajaran telah terpenuhi, sehingga secara antusias model pembelajaran kooperatif tipe TAI dinyatakan efektif pada materi bangun datar di kelas VII MTsN Lhoknga Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LHOKSEUMULU ACEH BESAR (NUZUL KURYANI, 2014)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 18 BANDA ACEH (yoesoesi afdal, 2013)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI TINGKAT IQ SISWA MTSN MODEL BANDA ACEH (Putri Athirah Aksa, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V SD KARTIKA XIV-2 BANDA ACEH (Nurleni, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Linawati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy